Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira Diresmikan

Berita » Detail

Berita Utama
30 Mar 2019 23:50
Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira Diresmikan
Upacara peresmian Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira Oleh Danrem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI R Agus Abdurrauf S.I.P., M Tr (Han) berlangsung di Lapangan Makorem 174/Anim Ti Waninggap, Jumat (29/03/2019).
 
Upacara tersebut ditandai dengan penyematan pangkat dan tanda jabatan, penyerahan tongkat komando dan  Tunggul Satuan dari Komandan Korem 174/ATW kepada Letnan Kolonel Inf Parada Napitupulu selaku Komandan Batalyon yang pertama.
 
"Yonif 757 /GV yang saat ini bermarkas di Kompi C 757/GV nantinya akan berlokasi di Kabupaten Boven Digoel," ucap Danrem membacakan amanat tertulis Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring.
 
Ini momentum bersejarah dalam membangun kekuatan TNI Angkatan Darat khususnya bagi Kodam XVII/Cenderawasih di wilayah darat Papua di Kabupaten Boven Digoel. Wilayah Boven Digoel merupakan wilayah darat yang berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea (PNG). Potensi ancaman kejahatan lintas negara yang bila dipolitisasi dapat menjadi ancaman berskala Nasional yang membahayakan kedaulatan NKRI.
 
"Oleh karena itu pembentukan Yonif 757/Ghupta Vira merupakan implementasi dari perencanaan strategis TNI Angkatan Darat dalam pembangunan kemampuan sekaligus upaya pengembangan kemampuan kekuatan dan gelar kekuatan Kodam XVII/Cenderawasih," tambahnya.
 
Pangdam Berharap dengan telah diresmikan Batalyon ini Yonif 757/GV mampu mengambil langkah-langkah antisipatif dan preventif guna menghadapi berbagai potensi ancaman seperti separatisme dari pihak-pihak yang berseberangan dengan negara kesatuan Republik Indonesia. 
 
Pangdam berpesan kepada Prajurit Yonif 757/GV untuk senantiasa menjaga moral serta semangat juang sebagai prajurit baik dalam hubungan perorangan maupun satuan sehingga mampu menempatkan tugas diatas segala-galanya sebab tugas adalah kehormatan kebanggaan dan harga diri.
 
Selain itu, cegah dan hindari segala bentuk pelanggaran sekecil apapun baik terhadap norma etika dan disiplin maupun terhadap asas-asas keprajuritan seperti Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.
 
"Sehingga kalian senantiasa dalam kondisi dan disiplin tempur yang tinggi. Bentuk dan Tanamkan jiwa korsa identitas kolektif dan kebanggaan dalam diri sebagai prajurit yang menjunjung tinggi loyalitas kepada satuan dan institusi di atas segala-galanya," katanya.
 
Mengakhiri amanatnya Pangdam mengajak kepada unsur Muspida dan segenap komponen bangsa yang ada di wilayah untuk bersama-sama merasa memiliki Yonif 757/GV ini sebagai asset daerah dan bangsa jangan segan-segan memberikan masukan kepada pimpinan dan unsur pimpinan Batalyon demi tetap tegaknya nama baik dan keberhasilan tugas pokok pertahanan negara di wilayah Boven Digoel.(geet)
 
 
 

Penulis

Trio Yus

PNS DINAS KOMINFO

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda