Berita Utama

Medan Ekstrem Tidak Menghambat Expedisi ke Posal Torasi Jalur Darat

Merauke - Komandan Lantamal XI, Laksamana Pertama TNI Joko Andriyanto, pimpin Rombongan Lantamal XI dan Polres Merauke melakukan menggunakan motor trail ke Posal Torasi di Ujung Papua Selatan, Wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Misi expedisi kunjungan ini menjadikan sebuah tantangan untuk TNI AL, khususnya Lantamal XI selaku penanggung jawab keamanan dan pertahanan wilayah laut perbatasan timur negara RI. Medan extreme pada jalur darat menuju Posal Torasi membuat jalur laut sebagai pilihan utama. 

Namun, kesempatan ini sangat berbeda dari sejarah kunjungan yang pernah dilakukan. Komandan Lantamal XI pimpin expedisi beserta rombongan menggunakan motor trail melalui jalur darat. Hal ini terbilang sangat unik mengenai kondisi jalan yang tidak beraspal, permukaan tanah yang tidak rata, bahkan jalan yang tidak bisa dilalui dan ditembus oleh pengendara karena belum diawali.

Ekspedisi ke Posal Torasi. 

Rombongan berhasil mendatangi Pos Pamtas di Pos Kuler Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 312/Kala Hitam sebagai tempat pertama yang dikunjungi. Kemudian Pos Tomerau Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 312/Kala Hitam, sekaligus Komandan Lantamal XI didampingi Kapolres Merauke AKBP Leonardo Yoga melaksanakan Bansos pembagian sembako sebagai wujud kepedulian dan perhatian kepada masyarakat wilayah tersebut. Selepas itu, pihaknya menuju ke Pos II/D Kondo Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 312/Kala Hitam dengan lama perjalanan sekitar 11 jam. 

Posal Torasi adalah Satuan di bawah Lantamal XI, Koarmada III yang berada di garis pantai bagian selatan paling timur Papua Selatan, wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua New Guinea (PNG). 

Baca Juga: 11.036 Peserta Ikuti Seleksi Kemampuan Dasar CPNS Papua Selatan Menggunakan Sistem CAT

Dalam fungsinya terdapat tiga tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah dari segala bentuk ancaman dan gangguan. Di samping tugas pokok tersebut, Posal Torasi juga menjalankan fungsi intelijen maritim, menjaga keamanan laut, dan pembinaan potensi maritim di wilayah Torasi.(Get)