Berita Utama

11.036 Peserta Ikuti Seleksi Kemampuan Dasar CPNS Papua Selatan Menggunakan Sistem CAT

Merauke - Pemerintah Provinsi Papua Selatan resmi membuka pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS tahun 2024 menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) diikuti 11.036 peserta.

Pembukaan berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Merauke, Senin, (28/10/2024) dibuka oleh Kepala BKPSDM Papua selatan, Albert Rapami dan Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX BKN Jayapura, Oktavianus Paikung.

Seleksi CPNS ini merupakan berkat yang luar biasa dari Tuhan bagi pelamar yang berada di daerah otonomi baru (DOB) melalui kebijakan negara dengan membuka formasi CPNS 2024 dengan kuota 80 persen diperuntukkan untuk orang asli Papua (OAP) dan 20 persen bagi non OAP serta usia peserta maksimal 48 tahun. 

"Hari ini 11.036 peserta mengikuti seleksi Kemampuan Dasar, menggunakan metode CAT," ujar Albert Rapami.

Pembukaan SKD CPNS Papua Selatan Tahun 2024 dengan sistem CAT. 

Computer Asisted Test atau CAT juga disebut dengan singkatan Cepat, Akuntabel dan Transparan. Masing-masing peserta dapat melihat nilainya setelah usai melakukan tes, bahkan dapat dilihat di lagi di youtube sehingga tidak ada yang bermain dengan hasilnya. Seleksi akan berlangsung mulai 28 Oktober hingga 13 November mendatang, dan selama pelaksanaan tes CPNS diawasi banyak pihak. 

Sebelumnya, jumlah pelamar yang mendaftar 12.909 orang, dengan rincian pelamar OAP 7.523 orang, pelamar non OAP 5.380 orang. Jumlah pelamar yang memenuhi syarat 11.036 orang terdiri dari pelamar OAP 6.716 orang dan non OAP 4.320 orang. Jumlah yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.873 orang yaitu pelamar OAP 807 orang dan non OAP 1.066 orang.

Seleksi Kemampuan Dasar ini untuk hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu terdapat empat sesi dalam satu hari mulai jam 08.00 WIT - 17.10 WIT. Hari Jumat terdapat 2 sesi dalam satu hari mulai jam 08.00WIT -16.40 WIT dengan tempat pelaksanaan SKD CPNS di SMA Negeri 1 Merauke sebanyak 5.500 orang dan di Lab Komputer Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Selatan Jalan Brawijaya Kota Merauke dengan jumlah peserta seleksi 5.414 orang.

SKD pertama ini menggunakan sumber dana APBD dan DPA BKPSDM Papua Selatan Tahun Anggaran 2024.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX BKN Jayapura, Oktavianus Paikung kesempatan itu menyampaikan tata tertib seleksi Kemampuan Dasar CPNS, bahwa selam proses dipantau langsung oleh BKN pusat, dilengkapi CCT dan zoom pemantauan, serta live streaming di Youtube perolehan nilai dari masing-masing peserta.

Di akhir ujian akan muncul nilai masing-masing dan peserta langsung mencetak di belakang kartu tes masing-masing. Nilai tersebut akan diumumkan oleh Pemerintah Provinsi Papua Selatan saat pengumuman. 

"Kami BKN sangat bersih sepanjang semua mendukung kami untuk kita sama-sama melakukan tata tertib di dalam pelaksanaan tes ini. Di dalam ruang CAT yang boleh ada hanya panitia BKN kemudian di luar ruang CAT seperti registrasi mengarahkan peserta itu menjadi tugas BKPSDM Papua Selatan bahkan ada kunjungan pejabat hanya diperbolehkan sebelum seleksi dimulai dan lima menit tes dimulai, registrasi peserta ditutup," ujar Oktavianus Paikung.

Baca Juga: Debat pertama, Rakyat Diminta Catat Janji Paslon Bupati dan Wabup Merauke Pilkada 2024

Dia menegaskan, tidak ada toleransi bagi peserta yang datang terlambat, sehingga diharapkan datang lebih awal.(Get)