Berita Utama

Empat Ribu Ton Beras Didatangkan Untuk Penuhi Kebutuhan di Papua Selatan

Merauke - Guna memenuhi kebutuhan pangan beras di Provinsi Papua Selatan (PPS) dan Kabupaten Yahukimo, Bulog Merauke sementara mendatangkan 4000 ton beras.

Estimasi beras yang didatangkan ini akan selesai diangkut dari Surabaya menggunakan kapal ke Merauke pada minggu kedua Bulan Oktober besok. Peruntukannya adalah untuk bantuan pangan, jata beras ASN, TNI-Polri, operasi pasar dan antisipasi bencana alam. 

"Dengan demikian, ketahanan stok kita akan aman selama lima bulan ke depan sampai bulan Februari 2024," terang Kabulog Merauke, Firman Mando, Selasa (26/9/2023) di Merauke.

Sementara untuk penyerapan beras di tingkat petani Merauke, kata Firman masih terkendala dari sisi harga. Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang berlaku saat ini Rp 9.950/Kg sementara harga beras di tingkat petani Rp 11.000/Kg, ini jauh dari satandar HPP.

Perbedaan harga tersebut menjadi penyebab Bulog belum menyerap beras lokal. Selain itu, ketersediaan pangan beras di tingkat petani melalui mitra Bulog juga tidak banyak.

"Sehingga kita belum bisa lakukan penyerapan. Selain itu, stok beras di mitra kita memang tidak banyak," puangkas Firman.(Get)