Berita Utama

Bupati Merauke Memantau Kondisi Pasar Wamanggu

Merauke - Bupati Merauke Romanus Mbaraka, melakukan pantauan di Pasar Wamanggu dalam rangka melihat kondisi pasar tersebut. 

Fokus pantauan yang dilakukan bersama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Majinur dan pihak terkait adalah kebersihan dan penataan pasar. 

Bupati Merauke mengatakan, tata letak barang atau komoditi yang dijual harus sesuai dan tidak merugikan pihak tertentu, termasuk penataan parkiran. 

Bupati Merauke Romanus Mbaraka saat berada di Pasar Wamanggu Merauke.

"Jadi ini mau diatur perlahan, karena semua punya kepentingan. Saya melihat ada ruang- ruang kosong yang perlu dimanfaatkan untuk kepentingan penjual," kata Romanus, Selasa (20/6/2023). 

Beberapa pelataran di pasar akan dilakukan pengecoran dan ditata menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan yang diperlukan sehingga ada ruang untuk parkir kendaraan. 

Selain itu, pengolahan sampah juga menjadi perhatian serius sehingga tidak terjadi penumpukan, tidak berserakan dan tidak menimbulkan aroma tidak sedap agar semua warga pasar merasa nyaman berada di sana. 

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Merauke sedang mengupayakan untuk pembangunan pasar lagi, yang tujuannya mengurangi kepadatan penjual di pasar yang sudah ada. 

Kesempatan yang sama Romanus menepis isu penggusuran pasar yang beredar di masyarakat. Menurutnya, informasi itu adalah tidak benar. Lebih tepat adalah penataan kembali pasar yang ada dan akan membangun pasar berikut seiring perkembangan daerah Merauke yang kini menjadi pusat Ibukota Provinsi Papua Selatan.(Get)