Berita Utama

Syukuran HUT ke-13 Dedikasi Gereja Paroki Sang Penebus Kampung Baru

Merauke - Pastor Paroki Sang Penebus Kampung Baru Merauke dan segenap umat mengadakan perayaan syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Dedikasi Gereja tahun 2023, Minggu (25/6/2023). 

Sebelum puncak perayaan, terdapat rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa lomba mewarnai, pengobatan gratis, lomba memancing ikan, paduan suara, fashion show, lomba merangkai bunga, cerdas cermat rohani, lomba bertutur Kitab Suci dan beberapa kegiatan lainnya. 

Mewakili Pastor Vikaris Episcopa (Vikep) Kevikepan Merauke, Pastor Emanuel Da Santos Meo Jogo, Pr menyampaikan kebersamaan dalam perayaan ulang tahun gereja adalah bagian dari memberikan diri untuk pelayanan bagi keselamatan umat Allah. Dedikasi yaitu pemberian pikiran tenaga dan waktu untuk mewujudkan suatu tujuan tertentu gereja bukan saja Pastor paroki, gereja dalam arti sesungguhnya adalah Umat Allah, bukan bangunan dan lain-lain. 

Pemotongan tumpeng HUT ke-13 Dedikasi Gereja Paroki Sang Penebus Kampung Baru Merauke.

"Pemberian diri dari bapak ibu semua untuk membangun gereja dan Paroki kita. Namun sering kali kita malas-malas. Sering banyak bicara tapi sulit melaksanakan. Kita terhambat dalam pemberian diri dalam waktu dan tenaga kita. Perjalanan ini ke depannya adalah tanda dan awal baru pembaharuan umat Allah membangun menciptakan kedamaian dan Kerajaan Allah,"ajak Pastor Eman. 

Umat Paroki Sang Penebus diajak menyongsong dedikasi tahun selanjutnya yakni dengan sungguh-sungguh berdedikasi bagi gereja dan umat Allah. Setiap anak-anak Allah diharapkan mampu membawa perubahan hidup ke arah yang lebih baik dengan meninggalkan kebiasaan buruk tekun dalam doa dan selalu berbuat baik mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat dan menjauhi larangan dan melakukan kehendak dan perintah Allah. 

Plt Sekda Merauke, Yeremias Ndiken kesempatan yang sama mengutarakan mengingat selama 13 tahun belum ada umat Paroki Sang Penebus yang menjadi imam sehingga diharapkan akan muncul generasi muda yang mengikuti panggilan untuk memberi diri mengabdikan diri sebagai imam dan pelayan umat. 

Pastor Paroki Sang Penebus, Pastor P. Cristofel F. Didy Andries, MSC juga mengungkapkan harapan yang sama, bahwa sudah puluhan tahun tersebut ada banyak Pastor yang melakukan pelayanan kepada umat. "Mudah-mudahan masuk perayaan dedikasi ke -14 sudah ada imam asal paroki ini," ucap Pastor yang akrab disapa Pastor Didy. 

Sementara Ketua Dewan Paroki Fransiskus Kamim mengutarakan sudah semestinya para orang tua punya kerelaan dan mendoakan anak-anaknya untuk menjadi imam. 

Perayaan diakhiri dengan penyerahan hadiah dan piala bergilir kepada para pemenang lomba yang sudah berpartisipasi meriahkan HUT Dedikasi Gereja Sang Penebus.(Get)