Berita Utama

Presiden Jokowi Resmikan 26 Rumah Sakit TNI Termasuk yang Ada di Merauke

Merauke - Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Prabowo Subianto meresmikan meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 25 RS milik TNI di seluruh Indonesia, Senin (19/2/2024). Salah satunya RS Tingkat IV Jenderal TNI LB Moerdani Korem 174/ATW Merauke yang diresmikan secara virtual. 

RS LB Moerdani adalah RS modular dibangun dalam waktu yang cepat tidak menggunakan konstruksi beton yang sebelumnya dibangun hanya dikhususkan untuk prajurit TNI saja, namun melihat masyarakat sekitar sangat membutuhkan pelayanan kesehatan, maka presiden meresmikan untuk dapat digunakan oleh masyarakat luas bukan hanya TNI. 

Bakti sosial pembagian Sembako dalam momen peresmian RS TK IV Jenderal TNI LB Moerdani Korem 174/ATW Merauke

"Karena di sini masyarakat masih membutuhkan rumah sakit maka dibangun dan diresmikan presiden. Sehingga keberadaan rumah sakit bukan untuk prajurit TNI tapi untuk semua masyarakat yang ada di sekitarnya. Siapapun yang sakit bisa datang ke sini berobat. Rumah sakit ini juga melayani BPJS Kesehatan dan juga dokter yang ada tersedia untuk melayani masyarakat," ucap Komandan 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo sembari peresmian dimulai. 

"Mudah-mudahan keberadaan rumah sakit tingkat IV ini menjadi kebanggaan dan milik kita bersama untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan karena kesehatan menjadi modal utama nasional," pungkas Danrem174/ATW.

Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Menhan yang telah menghadirkan RS TNI di Merauke untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Papua Selatan. Dikatakan, dalam pelayanan kesehatan ada tiga sektor yang diperhatikan, pertama sarana para sarana, lalu peralatan kesehatan dan terakhir sumber daya manusia. 

"Hari ini kita dibantu oleh Kemenhan diharapkan membantu pelayanan kesehatan di wilayah kita karena rumah sakit yang ada di daerah kita kapasitasnya sudah tidak mampu lagi melayani masyarakat," tutur Apolo. 

Di momen yang sama Danrem dan jajarannya mengadakan bakti sosial bantuan sembako dan pengobatan masal bagi masyarakat wilayah Tanah Miring dan sekitarnya yang ikut menyaksikan peresmian tersebut. Hadir pula Bupati Merauke Romanus Mbaraka sebagai bentuk dukungan dari pimpinan daerah Kabupaten Merauke terhadap setiap pelayanan yang dibutuhkan masyarakat.

Kepala Rumah Sakit TK. IV Jenderal TNI LB Moerdani, dr. Deddy Riyanto, Sp. KFR mengatakan di rumah sakit yang dipimpinnya itu terdapat dokter spesialis anak, penyakit dalam, spesialis kandungan dan spesialis rehabilitasi medis. Tak lama lagi akan hadir dokter spesialis bedah dan spesialis anestesi. 

Sementara untuk fasilitas dikatakan cukup lengkap ada ruang IGD, ruang perawatan, ICU, raung Neonatal Intensive Care Unit atau ruang NICU adalah ruangan di rumah sakit yang dikhususkan untuk perawatan intensif bayi baru lahir dengan segala permasalahannya, salah satunya kelahiran prematur dan fasilitas penunjang lainnya. 

Menurut Karumkit, kehadiran RS ini sudah banyak diketahui masyarakat dan banyak pula yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di sana. Pihaknya akan terus menambah tenaga kesehatan maupun melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan sehingga dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.(Get)