Berita Utama

Kondisi 15 Ekor Kura-Kura Moncong Babi Masih Sehat Setelah Diamankan

Merauke - Setelah diamankan pada Sabtu (24/2/2024) oleh petugas Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Papua Selatan, 15 ekor kura kura moncong babi masih dalam kondisi sehat dan lincah. 

Biasanya ketika dipindahkan dari habitat aslinya, kondisi satwa bisa mengalami perubahan, salah satunya lemas atau bahkan mati. Saat ini, ke lima belas ekor satwa tersebut belum diserahkan ke pihak KSDA, sementara masih menunggu keputusan pimpinan Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Papua Selatan. 

"Sementara masih kami rawat dan disimpan di wadah yang aman dan kondisi ke lima belas ekor masih sehat dan lincah. Selanjutnya akan kami serahkan ke petugas KSDA karena menjadi kewenangan mereka terhadap satwa yang dilindungi," pungkas Petugas Pemeriksa Karantina Terampil, Harry Soloman, Senin (26/2/2024).

Sebelumnya, kura kura moncong babi tersebut diselundupkan untuk dibawa ke daerah Kalimantan menggunakan kapal barang dari Merauke. Mendadak petugas melakukan pemeriksaan sebelum keberangkatan kapal lalu ditemukan satwa dilindungi dan langsung diamankan petugas. 

Menurut pengakuan dari ABK Kapal, bahwa barang tersebut hanya titipan dari teman. Petugas lalu memberikan peringatan keras agar tidak mengulang menerima titipan serupa, jika ditemukan lagi maka langsung diproses, karena dianggap dengan sengaja dan menjadikan titipan sebagai alasan.(Get)