Berita Umum

Pertemuan Perdana, Bupati Merauke Sampaikan Penegasan Kepada OPD

Lebih baik tanamkan kebaikan dari pada keburukan. Politik sudah selesai, kita adalah saudara mari kita membangun negeri ini. Demikian kata pembuka sambutan Bupati Merauke Romanus Mbaraka dalam pertemuan dengan seluruh ASN, honorer Pemda Merauke, Rabu (10/03).

 

Dalam ungkapan ini, Romanus ingin mengajak semua pihak untuk bertanggung jawab menjalankan tugas dengan baik tanpa ada pembedaan atau sekat antara satu dengan yang lain.

 

"Siapa yang berbuat baik di atas tanah ini akan diberkati Tuhan," ucap Romanus di Halaman Kantor Bupati Merauke, dalam pertemuan perdananya dengan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

 

Selain itu, Romanus tekanan ASN maupun honorer tetap menjaga perdamaian, sopan dalam bertutur kata, maupun bertindak serta tidak saling menghujat atau berstatus tidak sopan di media sosial.

 

Menurutnya, jauh lebih bijak ketika masing-masing membuktikan kemampuan dan kinerja serta kemampuan berinovasi. Bukan memamer atau membicarakan kekurangan orang lain.

 

"Kita harus bijak menggunakan media sosial. Merauke ini banyak orang baku maki di FB. Jangan biasakan bicara keburukan orang, sebab diri sendiri juga kotor belum tentu bersih. Sebagai pemimpin saya kasi ingat," pungkas Romanus.

 

Bukan itu saja, dalam situasi Covid-19, semua orang diingatkan harus terapkan kebersihan. Baik kebersihan pribadi dari dalam, kebersihan tubuh, pakaian maupun tempat tinggal juga kebersihan kantor yang digunakan setiap hari.

 

"Guna mencegah penularan Covid-19, pegawai wajib lakukan swab antigen dua kali sebulan. Lebih baik deteksi dini supaya selamatkan banyak orang, jangan merasa sehat. Yang tidak mau, bersedia untuk keluar," ujarnya. 

 

Program Gerbangku (Gerakan membangun kampungku) akan dilanjutkan untuk meningkatkan pembangunan semua sektor di kampung-kampung. Kebijakan ke depan ia menyebut akan utamakan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perekonomian sektor pertanian, perumahan dan pemukiman.  

 

Bupati dan Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan akan melakukan audit internal jurnal keuangan, musrembang bertingkat, melihat usulan OPD menyangkut temuan, menindaklanjuti input dari reses DPR, melihat usulan surat langsung dari rakyat, dan hasil analisis OPD.

 

Selanjutnya, akan ada pertemuan pembahasan Provinsi Papua Selatan di Merauke. Serta momen yang menegangkan yakni pergeseran pejabat di struktur organisasi kepemerintahan.