Berita Umum

Berkunjung ke Timika, Lukas Enembe Sebut Papua Siap Selenggarakan Pertandingan PON

Timika, - Gubernur Papua sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional XX Lukas Enembe didampingi Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda tiba di Timika, Senin (20/09/2021) pagi dijemput langsung oleh Bupati, Eltinus Omaleng dan Forkominda Kabupaten Mimika. 

 

Kunjungannya ke Timika adalah untuk memastikan kesiapan daerah klaster dalam menyambut PON XX Papua 2021. Turun dari pesawat, Gubernur dan rombongan langsung meninjau venue-venue yang berada di areal SP 2 dan SP 5 Kabupaten Mimika, yakni venue Futsal, Biliar, Panjat Tebing dan Mimika Sport Center. 

 

“Papua sudah siap, saya sudah meninjau semua venue di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika maupun Merauke, prinsipnya kita siap menyelenggarakam pertandingan PON,” kata Lukas Enembe kepada wartawan. 

Gubernur Papua kunjungi venue-venue di Kabupaten Timika. (Foto-Humas dan PPM Papua)

 

Menurut Lukas, semua venue tidak ada masalah, dan sebagian cabang olahraga sudah menyelenggarankan tes event.

 

“Peserta PON jangan ragu dengan Papua, soal keamanan menjadi tanggungjawab TNI/Polri, saat ini Papua aman dan damai siap menyambut duta-duta olahraga Indonesia di bumi Cenderawasih,” katanya. 

 

Pada kesempatan itu, Lukas Enembe mengajak warga Kabupaten Mimika untuk ikut mensukseskan penyelenggaraan PON XX 2021. 

 

Sementara itu Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda menyatakan Papua siap untuk menjadi tuan rumah PON. 

"Dari sisi venue semua di setiap kota dan kabupaten penyelenggara telah siap untuk menyelenggarakan pertandingan resmi PON XX,” katanya. 

 

Yunus menambahkan, venue di Kabupaten Mimika yang sedang dalam pembenahan hanya venue terbang layang. 

 

"Landasan untuk venue terbang layang tinggal pengerasan, besok sudah bisa dipakai untuk latihan,” ungkapnya. 

 

Lanjutnya, PON XX Papua akan berlangsung dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. 

 

“Masyarakat boleh memberikan dukungan kepada atlet-atlet Papua di venue, tetapi syaratnya harus sudah divaksin,” tuturnya. 

 

Ada 12 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Kabupaten Mimika, Ke-12 cabor tersebut adalah Aeromodeling, Terbang Layang, Terjun Payung, Atletik, Bola Basket 5x5, Bola Basket 3x3, Panjat Tebing, Biliar, Bola Tangan, Futsal, Judo dan Tarung Drajat. (Get)