Berita Utama

Romanus Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi

Merauke, - Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menyampakan ucapan terimakasih kepada Presisen RI dan Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah memilih Merauke sebagai Klaster Penyelenggara PON XX tahun 2021.

 

Secara umum ia mengatakan bahwa giat PON di Merauke untuk enam Cabor yaitu wushu, anggar, gulat, catur, bermotor dan bola kaki putri, sementara tengah berjalan baik, aman dan lancar. 

 

"Bahkan, Merauke termasuk menyumbang medali emas kepada Papua di cabor motor tiga emas," terang Romanus dalam konferensi pers di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Kamis (07/10).

 

Besar harapannya untuk kegiatan yang masih tersisa, atlet Papua mampu mengumpulkan emas lebih banyak lagi sehingga mampu memenangkan event nasional tahun ini.

 

Lanjut Romanus menyebut, masalah Covid untuk Merauke masih di bawa lima persen. Sebab kesadaran masyarakatnya untuk menerima vaksin sangat tinggi, serta penerapan Prokes cukup baik. Namu, warga diimbau tetap waspada karena virus belum berakhir.

 

Romanus juga menyampaikan terimakasih Presiden Jokowi telah tiga kali melakukan kunjungan kerja ke Merauke bersama para meneteri kabinet. Seperti belum lama ini melakukan peresmian terminal baru Bandara Mopah, resmikan PLBN RI-PNG Sota, Rumah Sakit TNI AD, sekaligus pantau pelaksanaan PON.

 

"Pada dasarnya semua berjalan dengan baik, karena Merauke aman terkendali dan rakyatnya baik," ungkap Romanus. 

 

Relaita pembangunan sudah dirasakan rakyat Papua. Terutama infrastruktur jalan trans Papua dan jalan antar distrik sudah dibangun sejak kepemimpinan Jokowi. Begitu juga dengan kemajuan pembangunan dari berbagai sektor.

 

"Kami merasa bangga, dan sayang kepada Jokowi karena dia termasuk presiden yang mengangkat harkat dan martabat OAP. Bagi kami OAP khusus Selatan Papua kami merasa bangga Bapak Jokowi tiga kali melihat kami dan hasilnya nyata," ujar Romanus.

 

Kunjungan kemarin, Romanus secara langsung meminta dukungan pempus untuk kbali mengembangkan food estate di Kabupaten Merauke. Pembangunan jalan antar kabupaten yakni Merauke-Mappi, mendukung percepatan pemekaran Papua Selatan menjadi provinsi, pembangunan sekitar 60 unit rumah layak bagi warga Asmat yang ada di pinggiran Kota Merauke serta mendukung kelengkapan fasilitas di ruang kedatangan maupun keberkangkatan Bandara Mopah.

 

Poin-poin tersebut mendapat respon baik dari Jokowi dengan langsung memerintahkan menteri terkait untuk segera ditindaklanjuti. Bahkan, dokumen aspirasi pemekaran Papua Selatan sudah diterima Jokowi ketika menaiki tangga pesawat untuk kembali ke Jakarta.

 

"Mari kita terus meberika spirit kepada pemimpin negara dan daerah, kita bersatu untuk membangun negeri ini baik-baik," ajak Mbaraka.(Get)