Berita Utama

Cableship DPL Sedang Melakukan Proses Perbaikan Kabel SMPCS Timika-Merauke

Merauke - PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengupayakan percepatan perbaikan pada sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Timika – Merauke.

General Manager Telkom Papua, Agus Widhiarsana mengatakan bahwa Telkom telah menugaskan Cableship DNEX Pasific Link (DPL) untuk melakukan proses perbaikan.

”Cableship DPL yang ditugaskan untuk melakukan proses perbaikan, telah tiba di sekitar lokasi perkiraan titik putus kabel SMPCS ruas Timika-Merauke pada tanggal 23 Mei 2022. Pada hari yang sama cableship DPL langsung melaksanakan operasi pencarian dan pengangkatan kabel bawah laut yang mengalami kerusakan tersebut” ujar Agus dalam rilisnya, Kamis (26/5/2022).

Menurut Agus, berdasarkan informasi dari team representatif Telkom yang ikut serta pada proses perbaikan di atas Cableship DPL, saat ini ada beberapa titik putus pada kabel laut SMPCS ruas Timika-Merauke yang telah teridentifikasi.

“ Terdapat dua titik putus yang terjadi, pada titik pertama dan kedua mengalami kerusakan yang cukup parah. Saat ini proses penyambungan sedang berlangsung, dan diperkirakan akan membutuhkan waktu dalam beberapa hari ke depan,” ujar Agus.

”Kami terus berupaya untuk mempercepat penyambungan kabel laut SMPCS ruas Timika-Merauke, agar masyarakat dapat kembali menikmati layanan Telkom Group seperti sediakala. Telkom berharap proses pemulihan layanan dapat selesai sesuai jadwal pada akhir bulan Mei 2022," tutup Agus.(Get)