Berita Utama

Kawasan Serapu Sampai Anasai Merauke Akan Dilaunching Jadi Kampung Wisata

Merauke - Kawasan Serapu hingga Anasai Kabupaten Merauke menjadi konsentrasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke untuk pengembangan daerah pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Benhur mengatakan, dua kampung ini memiliki potensi pariwisata yang akan dikembangkan tahun 2024 dan segera dilakukan launching sebagai kampung wisata. 

"Dalam program tahun ini kami akan melaksanakan sosialisasi terkait kampung wisata kepada masyarakat, setelah sosialisasi kami akan melaunching kampung wisata di kawasan tersebut," ujar Benhur, Senin (22/7/2024) di Merauke.

Dikatakan, untuk Merauke sudah ada empat kampung wisata yang telah launching yakni Kampung Wasur, Rawa Biru, Yanggandur dan Sota. Sementara yang menjadi primadona destinasi wisata adalah Pantai Lampu Satu Merauke yang juga akan menjadi konsentrasi Dinas Pariwisata untuk menata dengan membangun fasilitas yang dapat dinikmati atau digunakan pengunjung.

Berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 2023 terkait pajak dan retribusi, dan salah satu yang akan masuk dalam retribusi daerah adalah objek wisata Lampu Satu. Untuk itu perlu disosialisasikan terlebih dahulu Perda tersebut baru kemudian dapat diterapkan tarif retribusi.

Benhur mengimbau kepada warga setempat untuk bersabar hingga pemerintah memutuskan besaran tarif yang dapat dipungut ke setiap pengunjung yang ingin bersantai di Lampu Satu Merauke. Warga diharapkan tidak mematok harga sesuka hati agar tidak menimbulkan kesan buruk terhadap pengunjung.(Get)