Berita Utama

KPU Papua Selatan Tetapkan Nomor Urut Empat Paslon Gubernur dan Wagub Pilkada 2024

Merauke - KPU Provinsi Papua Selatan telah menetapkan nomor urut serta deklarasi damai Paslon Gubernur dan Wagub Provinsi Papua Selatan berlangsung di KPU Papua Selatan, Senin, (23/9/2024).

Dari empat Paslon tersebut, yang mendapatkan nomor urut 1 adalah pasangan Darius Gebze dan Petrus Safan, pasangan nomor urut 2 Nikolaus Kondomo dan H. Baidin Gurita, nomor urut 3 Romanus Mbaraka dan Albertus Muyak dan nomor urut 4 pasangan Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa. 

"Selamat berkontestasi dan selamat berkompetisi di Pilkada 2024. Hari ini sesuai jadwal kami KPU Papua Selatan melaksanakan pengundian dan penetapan pasangan calon," ujar Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze didampingi Anggota Komisioner KPU Papua Selatan. 

Sebelum penarikan nomor undi diawali dengan pembacaan tata tertib pengundian nomor urut oleh Divisi Teknis, Helda Ambay. Laku pengambilan nomor antrian diambil oleh wakil calon gubernur sesuai urutan kehadiran dan nomor antrian terdiri dari angka 1 sampai 14. Dilanjutkan pengambilan nomor urut, lalu secara bersama membuka lembaran nomor urut masing-masing. Diikuti penyerahan SK dan penyerahan plakat kepada pasangan calon serta deklarasi kampanye damai. 

Keempat Paslon bersama-sama mengikuti dan mengucapkan deklarasi kampanye damai yakni, kami calon gubernur dan wakil gubernur, partai politik pengusung berjanji mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil. Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax, tapa politisasi, sara dan tanpa politik uang. Serta, melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dilanjutkan penandatanganan naskah deklarasi oleh Paslon sesuai nomor urut.

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze menyampaikan setelah deklarasi kampanye damai tanggal 25 September mulai dilakukan kampanye hingga berakhir 23 November 2024. "Para paslon diharapkan memaksimalkan waktu yang terisa dan dilakukan sesuai ketentuan dan lanjut debat publik yang rencananya akan dilakukan tiga kali.(Get)