Berita Utama

Lantik Bunda PAUD PPS dan Kabupaten, Apolo Safanpo Ajak Kedepankan Kebijaksanaan

Merauke - Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo melantik Bunda PAUD PPS, Bunda PAUD Mappi, Boven Digoel serta Pokja PAUD PPS, Jumat (5/5/2023). 

Dengan dikukuhkannya, para bunda dapat memaksimalkan pelayanan pendidikan anak usia dini di PPS dan kabupaten-kabupaten serta semakin meningkat kualitas pelayanan pendidikan dengan mengedepankan kebijaksanaan. 

Dalam arahannya, Pj Gubernur PPS menyebut dua hal penting dalam pembinaan anak usia dini, yakni ajaran etika dan moral. Etika dan moral adalah ajaran mengandung nilai kemanusiaan, karena manusia diharapkan menjadi orang yang rendah hati dan tidak sombong. 

Pelantikan Bunda PAUD PPS, Kabupaten dan Pokja PAUD.

"Yang paling mendasar ada dua hal ajaran yang mengandung nilai kemanusiaan yakni etika dan moral harus ditanamkan sejak dini di PAUD selain dari keluarga," ungkap Apolo Safanpo di Halogen Hotel Merauke. 

Ada juga empat poin yang disebutkan orang menjadi lupa nilai kemanusiaan adalah Iptek, jabatan, harta dan kecantikan atau ketampanan. Iptek mempengaruhi kualitas kualifikasi dan kompetensi tidak boleh menjadikan orang menjadi tinggi hati, justru semakin merunduk karena tidak semua ilmu bisa dikuasai. 

Berikut, jabatan. Sebagai manusia yang diberikan akal budi tidak boleh menyombongkan diri dari orang lain ketika menduduki jabatan tertentu. "Jabatan adalah amanah yang Tuhan berikan kepada kita, jangan sombong. Jabatan adalah amanah, ada beban dan tanggungjawab pada jabatan itu. Kita jadi pejabat harus memperlakukan staf dan pegawai yang lain dengan baik. Kita semua diberikan amanat masing-masing sesuai dengan karisma dan talenta."

Ketiga harta. Harta adalah titipan, bukan milik seutuhnya sampai dibawa mati, termasuk alam semesta. Manusia akan berakhir dengan pertanggungjawaban atas hidupnya di dunia kepada Sang Pencipta.

Dan terakhir adalah kecantikan dan ketampanan. "Jangan merasa diri luar biasa hebat lebih menarik dari yang lain. Semua sama-sama diciptakan sebagai makhluk mulia di hadapan Allah dan semua sama-sama punya kekurangan atau keterbatasan." 

Menyimak wejangan hikmat yang disampaikan ini, dalam setiap kesempatan orang bijak sering menyampaikan sebuah kalimat 'Kesombongan adalah Awal dari Kejatuhan,' dan ungkapan ini memang terjadi dalam kehidupan nyata. 

Buda PAUD yang baru dikukuhkan adalah amanat yang sangat luhur. PJ Gubernur kembali memberikan empat petuah untuk dipegang teguh, yakni melaksanakan perintah Tuhan sesuai ajaran agama, jauhi laranganNya, menjaga harga diri dan kehormatan diri serta saling menghormati antara satu dengan yang lain. 

Dikatakan, dalam berbagai spektrum aliran keagamaan, meyakini bahwa semua pemimpin hebat ada keluarga terutama ibu yang mendukung. Untuk itu, Bunda PAUD diharapkan jadi ibu yang bijaksana dan rela berkorban. 

"Dunia tidak akan maju dan berkembang ketika para ibu tidak bijaksana. Sebab ibu diberikan keistimewaan kebijaksanaan dari Allah. Oleh karena itu kebijaksanaan seorang ibu menentukan kemajuan satu komunitas, kaum dan bangsa," tandas Apolo Safanpo.(Get)