Berita Utama

KPP Pratama Merauke Targetkan Raih Predikat ZI-WBBM Tahun 2023

Merauke - Di tahun 2023 ini, KPP Pratama Merauke bertekad meraih predikat Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) yang merupakan wujud penghargaan tertinggi terhadap instansi pemerintah yang telah berhasil menegakkan anti KKN sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dalam rangka pembangunan ZI-WBBM ini KPP Pratama Merauke, telah melakukan seluruh tahapan pembangunan ZI-WBBM yang dimulai dari kegiatan Pencanangan ZI-WBBM sampai dengan tahapan Pemantauan Pembangunan ZI-WBBM, sehingga Kepala KPP Pratama Merauke mendeklarasikan komitmen pembangunan ZI dan kemudian diikuti penandatangan Dokumen Pakta Integritas oleh seluruh pegawai. 

Kepala Kantor Pajak Pratama Merauke Ahmad Sadiq Urwah F.M menyampaikan bahwa kegiatan penandatangan Dokumen Pakta Integritas ini bukan sesuatu yang bersifat formal belaka tetapi merupakan reminder kepada pimpinan dan seluruh pegawai di lingkungan KPP Pratama Merauke untuk senantiasa berkomitmen dan menanamkan sikap sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang siap memberikan pelayanan perpajakan yang berkualitas, cepat, dan bebas dari tindakan tercela.

"Ini bentuk komitmen kita sebagai Aparatur Sipil Negara yang siap memberikan pelayanan pajak berkualitas, cepat dan bebas dari tindakan tercela," ujar Kepala KPP Merauke, Jumat (11/8/2023) di Merauke. 

Sebagai bagian terpenting dari tahapan pencanangan ini, KPP Pratama Merauke juga telah menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan pembangunan ZI-WBBM ini dengan harapan dapat ditiru oleh instansi pemerintah. Bahkan, pihaknya siap menjadi pendamping atau narasumber pembangunan Zona Integritas oleh instansi pemerintah lain yang berniat untuk membangun Zona Integritas di lingkungan kantor masing-masing.

Disadari bahwa sebagai institusi pengumpul penerimaan negara, KPP Pratama Merauke merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak yang melaksanakan layanan utama (core business) pengumpulan penerimaan pajak-pajak pemerintah pusat sekaligus memiliki risiko tinggi terkait praktik-praktik KKN. 

"Sehingga komitmen pembangunan ZI-WBBM ini diharapkan dapat menghasilakn perbaikan proses bisnis internal, peningkatkan kualitas pelayanan, dan sekaligus peningkatan kepercayaan (trust) pemangku kepentingan (stakeholders), khususnya, pelaku usaha dan masyarakat di Provinsi Papua Selatan," lanjutnya. 

Disampaikan bahwa komitmen penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan berupa Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan juga in line dengan semangat pembangunan ZI-WBBM yang berujung pada semakin baiknya pelaksanaan tugas pokok dan fungsi KPP Pratama Merauke dalam pengumpulan penerimaan pajak. Dengan demikian, pembangunan ZI-WBBM ini berbanding lurus dengan upaya pencapaian target penerimaan pajak. 

Kepala KPP Pratama Merauke menyatakan optimis bahwa tahun 2023 memiliki semua syarat untuk mampu melampaui target penerimaan pajak yang ditetapkan sekaligus meraih predikat ZI-WBBM dari Kemenpan-RB.

Sebelumnya, di tahun 2021 yang lalu, KPP Pratama Merauke telah berhasil meraih predikat ZI-WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).(Get)