Berita Utama

Defile Transportasi Warnai Harhubnas 2023 di Papua Selatan

Merauke - Defile transportasi mewarnai peringatan Hari Perhubungan Nasional ke 53 tahun 2023 di Provinsi Papua Selatan. 

Sebelumnya, diawali dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan defile transportasi, darat, laut dan udara di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke, Senin (18/9/2023). 

Pj Gubernur PPS, Dr. Ir. Apolo Safanpo mengatakan, Hari Perhubungan Nasional tahun ini adalah momentum bagi insan perhubungan untuk terus bergerak maju meningkatkan kinerja sektor transportasi untuk kemajuan masyarakat Indonesia.

"Tema; Melaju Untuk Transportasi Maju, menunjukan bagaimana para insan transportasi mampu dan bergerak secara konsisten dalam kerja-kerja nyata melakukan transformasi dan inovasi sektor transportasi secara kolektif, menggelorakan semangat untuk melaju bersama demi mewujudkan transportasi maju di Indonesia," ucap Apolo membacakan sambutan Menteri Perhubungan RI. 

Upacara peringati Hari Perhubungan tahun 2023 di Pelabuhan Laut Merauke.

Dikatakan, inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi tersebut tidak hanya mendorong negara RI menjadi negara maju juga berimplikasi kuat bagi pembangunan berkelanjutan, ramah lingkungan, keselamatan dan pelayanan transportasi yang meningkat. 

"Saya mengimbau kepada seluruh jajaran perhubungan selaku regulator sektor transportasi agar dapat bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal dengan para operator, stakeholder serta mitra pemerintah daerah. Kerja bersama sangat dibutuhkan untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab transportasi yang andal , efisien dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi negara," tandanya. 

Selain defile transportasi, juga ada penaburan bungan di muara dan beberapa penampilan tarian yang dipersembahkan perwakilan insan Perhubungan di Papua Selatan dan diakhiri dengan ramah tamah.(Get)