Berita Utama

PPD Merauke Rekap Hasil Penghitungan Perolehan Suara dari 314 TPS

Merauke - Panitia Pemilihan Distrik atau PPD Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua Selatan merekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari 314 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di distrik tersebut. 

Rekapitulasi dilakukan di GOR Futsal Merauke mulai Sabtu 17 hingga Rabu 21 Februari 2024. Distrik Merauke sendiri terbagi dalam dua daerah pemilihan (Dapil). Jumlah pemilih tetap Distrik Merauke sebanyak 73.284 jiwa, dengan 314 TPS yang tersebar di 11 kelurahan dan 5 kampung lokal.

Ketua PPD Merauke, Daniel Taraneno menyatakan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara merupakan salah satu proses dari tahapan Pemilu serentak 2024 yang harus dilalui. Tahapan melibatkan semua pihak, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pengawas (Panwas) distrik, para saksi partai politik dan kandidat, serta forkopimda distrik.

"Kita semua harus mempunyai suatu kesepahaman bahwa rekapitulasi yang dilakukan di tingkat distrik ini adalah proses di mana kita melakukan pencocokan untuk mendapat kata sepakat dari apa yang telah dilakukan oleh penyelenggara yang melaksanakan tugasnya di tingkat TPS," kata Daniel Taraneno.

"Saya mengajak kita sekalian yang bersama-sama menyaksikan proses pleno ini, ketika dalam mekanisme pleno nanti ada hal-hal yang perlu kita luruskan atau ada hal-hal yang perlu kita sepakati secara bersama-sama, mari dalam konteks itu kita membangun komunikasi yang efektif," sambungnya.

Pembukaan pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tahun 2024 se Distrik Merauke.

Daniel Taraneno mengatakan rapat pleno tersebut seyogyanya tidak menjadi ajang untuk semua pihak saling berdebat, dan atau mempertahankan sesuatu yang mungkin salah. Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara untuk mencocokan semua yang sudah tersurat dari tingkat KPPS di tingkat PPD.

"Kami penyelenggara distrik sudah menginventarisir persoalan-persoalan yang kiranya berpotensi menjadi bahan perdebatan atau mungkin akan kita berkomunikasi kembali. Karenanya kami berharap untuk tetap sejuk, tetap damai," ujar dia.

"Ada PPS, ada KPPS, dan juga Panwas distrik yang membantu kita atau menginformasikan segala sesuatu yang terjadi, karena mereka ada di lapangan," lanjut Daniel Taraneno.

Ia menambahkan bahwa rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dimulai dari Dapil 1 Merauke. Sementara untuk Dapil 2 Merauke akan dimulai pada Senin 19 Februari dilaksanakan di GOR Head Sai.

"Jadi kita akan melaksanakan (rekapitulasi) di sini mulai hari ini sampai 21 Februari, sesuai dengan rencana. Nanti kesepakatan-kesepakatan lain berkaitan dengan skedul, kita bisa sepakati dalam berjalannya pleno ini," tutupnya.(Get)