Kampung Harus Berinovasi Mengelola Dana Desa

Berita » Detail

Berita Utama
26 Nov 2018 19:15
Kampung Harus Berinovasi Mengelola Dana Desa
Sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) dan Penyediaan Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) adalah mendorong produktivitas pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.
 
Diantaranya, meningkatkan efektivitas penggunaan dana desa melalui proses pengolahan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif. Meningkatkan kapasitas pemerintah desa secara lebih inovatif dan berkualitas.
 
Selanjutnya, memfasilitasi peningkatan kapasitas desa-desa melalui penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa berdasarkan kebutuhan desa dalam mewujudkan replikasi kegiatan inovasi desa. Dan meningkatkan kapasitas kelembagaan dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).
 
"Program tersebut untuk meningkatkan penggunaan dana desa secara lebih efektif, lebih baik di bidang kewirausahaan, SDM dan infrastruktur desa yang mendukung pelaksanaan ekonomi di kampung," jelas Tenaga Ahli Program Inovasi Desa Provinsi Papua, Saul Kmur di Aula Anggai Sai Merauke, Senin (26/11).
 
Dijelaskan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui evaluasi tingkat nasional menyimpulkan bahwa  dana desa yang dikucurkan ke kampung-kampung rata-rata lebih dominan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur. Diharapkan melalui program inovasi desa ini dapat mendorong desa-desa untuk lebih berinovasi dalam bentuk pengembangan ekonomi.
 
Menurutnya, jika hanya fokus di pembangunan infrastruktur, tidak ada pendapatan kebutuhan ekonomi bagi warga kampung. Selain itu, dana desa juga dimanfaatkan untuk peningkatan SDM melalui pendidikan usia dini dan kesehatan.
 
"Setelah rapat koordinasi akan di lanjutkan dengan Bursa Inovasi Desa (BID). Setiap desa akan menampilkan inovasinya yang sudah dibuat. Sehingga menjadi contoh dan memberi inspirasi bagi kampung lain yang belum mempunyai dengan memperhatikan potensi di kampungnya masing-masing," tambahnya.
 
Program yang baru diluncurkan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pengelolaan dana kampung kedepannya. Pemanfaatannya benar-benar dirasakan masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat di kampung dapat terjadi dari waktu ke waktu.(geet)
 
 

Penulis

Ratna S.Sos

Kasie. Layanan Informasi Elektronik

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda