Hasil Olahan Kelapa Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Berita » Detail

Berita Umum
09 Mar 2021 01:07
Hasil Olahan Kelapa Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Ketersediaan kelapa yang menjanjikan di Kabupaten Merauke, Papua memberi peluang untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

 

Dari buah kelapa, produk unggulan yang sedang digenjot oleh industri perumahan saat ini adalah minyak kepala murni. 

Manfaatnya cukup banyak, bisa untuk masak makanan, bisa juga diminum karena mengandung anti oksidan dan khasiatnya dapat menyembuhkan penyakit. 

 

Selain itu, sebagai minyak gosok untuk menyehatkan kulit, menyuburkan rambut, hilangkan ketombe dan penyembuh luka serta melancarkan pencernaan.

 

"Harganya berfariatif namun sangat ekonomis. Berkat dukungan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Merauke, kini produk minyak kelapa asli sudah dikenal masyarakat," ujar Produsen Minyak Kelapa Murni dan Minyak Kelapa Asli Vasco Infra Pasifik, Dr. Hendricus Lembang di Merauke, Selasa (09/03).

 

Sementara ini, produk minyak kelapa murni dan minyak kelapa asli masih dalam skala kecil, sebab terkendala pada kebutuhan peralatan yang belum memadai. 

 

"Kami butuh bantuan pemerintah terutama mesin peras. Ini punya nilai ekonomi dan manfaat bagi kesehatan sehingga kami sangat konsen untuk produksi," ucapnya. 

 

Lanjut kata dia, dengan bantuan Rumah Kreasi Telkom dan HIPMI, produk minyak kelapa murni miliknya sudah berlabel POM dan dikenal masyarakat. 

 

"Kami siap membantu mendampingi masyarakat atau pelaku UKM," sambung Ketua HIPMI Merauke, Kurniawan Tommy Siriwa, SH. 

 

Ketua HIPMI juga berharap pihaknya segera bermitra dengan Pemda Kabupaten Merauke guna memajukan masyarakat dalam bidang UKM. 

 

"Dalam waktu dekat kami usahakan bertemu dengan Pak Bupati untuk menyampaikan visi misi kami dan berharap kita bisa bermitra dengan pemerintah," tuturnya.

Penulis

Rayendi Purba

Pegawai Honor Kominfo

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda