Berita Umum

Ketum KONI Pusat Sebut Merauke Sangat Siap Untuk Pelaksanaan PON XX Papua

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Merauke guna meninjau kesiapan fasilitas venue PON ke XX Papua tahun 2021 di Merauke.

 

Usai tiba di Bandara Mopah Merauke, Kamis (03/06) Ketua KONI pusat beserta rombongan langsung menuju Stadion Katalpal Mopah, disusul tinjauan ke Sirkuit balap motor Kebun Coklat, Distrk Tanah Miring.

 

Hasil tinjauan tersebut, ia menyimpulkan bahwa kesiapan PON di Merauke sudah sangat baik. Namun, masih ada penyempurnaan venue khusus di Stadion Katalpal sebab ada yang masih belum selesai seperti areal parkiran dan taman. 

 

"Masih ada waktu tersisa untuk penyempurnaan. Pelaksanaan PON Papua berlangsung sejak 2-15 Oktober. H-3, kontingen sudah mulai datang ke Merauke. Sehingga penting kesiapan dari venue, akomodasi, transportasi dan dukungan konsumsi untuk atlit. Saya melihat Merauke sudah sangat siap," terang Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

 

Selain itu, dirinya menilai bangunan sirkut motor di Merauke lebih bagus dari sirkuit di tempat lain. Untuk itu, sangat penting bagi Pemerintah Daerah, Koni Merauke, dan Koni Papua untuk merancang bagaimana fasilitas PON yang sudah ada, nanti bisa melahirkan atlit-atlit berprestasi dari daerah Merauke dengan memanfaatkan fasilitas secara berkelanjutan.

 

"Selain itu, kita harapkan Merauke harus punya kesebelasan putri yang berprestasi karena punya stadion yang dipakai PON. Jangan hanya lihat habis PON terus tutup, justru kita mencari bakat-bakat putra putri daerah untuk dijadikan atlit berprestasi yang memberikan kontribusi kepada tim nasional Indonesia untuk berlaga di luar negeri," pungkasnya.

Lanjut dikatakan, untuk pelaksanaan PON Papua harus digaungkan, sehingga ada dukungan dari semua pihak terutama masyarakat setempat. Salah satunya, masyarakat taat Prokes supaya pelaksanaan PON akan berjalan lancar tidak digagalkan oleh peningkatan kasus penderita Covid-19 atau berada pada zona merah.

 

"Kita semua harus bersatu untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kemudian bersatu menurunkan angka Covid. Tidak mungkin even olahraga dilaksanakan di satu daerah yang status Covidnya zona merah," ucapannya. 

 

Selain itu, masyarakat Merauke harus menjadi tuan rumah yang baik, dan memastikan situasi Merauke tetap aman untuk memberikan rasa aman bagi para tamu. 

 

Kunjungan kali ini, Ketua Umum KONI Pusat mengajak Mayjen TNI Gustav Agus Irianto K (Dan Satgas Honai), Brigjen TNI Daru Cahyono ( Dan Subsatgas Tifa), Soedarmo (Ketua Keabsahan PON XX/2021), Christian John (Waketum IV KONI Pusat), Aqua Dwipayanan (Staf Ahli KONI Pusat), dan Samsudin (ADC Ketua Umum KONI Pusat). 

 

Menariknya lagi, atlit tinju kelas dunia Yohannes Christian John atau yang dikenal dengan sapaan Chris John turut hadir dalam peninjauan venue-venue PON Papua klaster Merauke. Kehadirannya kali ini menandakan bahwa ia sangat mendukung terelenggaranya PON Papua tahun 2021. (Get)