Berita Umum

Kabupaten Merauke Terima 60 Miliar Dana PON Papua

Sub PB PON XX Papua Klaster Merauke mendapatkan dukungan dana senilai Rp 60 miliar dari Panitia Besar PON Papua tahun 2021.

 

Anggaran yang bersumber dari APBD tersebut diterima oleh Ketua Harian Sub PB PON Papu Klaster Merauke, Eleanor D. Dumatubun dan Wakil Ketua Harian Sub PB PON XX Merauke, Antonius Kaize saat penyerahan yang berlangsung pada Sabtu malam (26/06) di Hotel Mercure, Jayapura.

 

"Anggaran Rp 60 miliar ini akan mendukung kebutuhan PON XX,” ujar Anton Kaize.

 

Selanjutnya, Sub PB PON Merauke masih menunggu anggaran konsumsi, akomodasi, transportasi dan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk menyelenggarakan PON XX Papua 2021, yang dijadwalkan pada September- Oktober 2021.

 

"Pada prinsipnya Klaster Merauke sudah siap menyelenggarakan PON XX, melalui dukungan pemerintah, masyarakat dan TNI/Polri," ucap Kaize.

 

Sementara itu, Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda, yang diwakili Wakil Sekretaris II PB PON XX 2021 Bidang Administrasi Longginus Sangur menyatakan, pergeseran anggaran PON XX Papua ini adalah kebijakan PB PON XX Papua, sebagaimana pelimpahan sejumlah kewenangan, tugas, fungsi, tanggungjawab dan anggaran untuk mensukseskan penyelenggaraan PON Papua.

“Pergeseran anggaran disesuaikan dengan jumlah cabor. Jadi itu sudah selesai. Harapannya, mereka dapat bekerja untuk mempersiapkan Sub PB PON XX Merauke, untuk sukseskan PON,” pungkasnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, total pergeseran anggaran PON XX Papua 2021 senilai Rp 1,6 triliun. Kota Jayapura Rp 108 miliar, Kabupaten Jayapura Rp 94,8 miliar, Mimika Rp 78 miliar dan Merauke Rp 60 miliar.

 

Pada PON XX Papua ini mempertandingkan 37 cabor, dengan pembagian per klusternya adalah, Kabupaten Mimika terdiri dari terjun payung, aeromodeling, terbang layang, atletik, basket, billiard, panjat tebing, futsal, bola tangan, judo, dan tarung derajat.

 

Kluster Kabupaten Merauke ada bermotor, catur, wushu, anggar, dan sepak bola putri. Kluster Kota Jayapura yaitu renang perairan terbuka, angkat besi, angkat berat, binaraga, softball, voli indoor, voli pasir, canoeing, rowing, traditional boat race, layar, taekwondo, karate, pencak silat, selam laut, sepak takraw, sepatu roda, sepak bola putri, tenis, bulu tangkis, dan tinju.

 

Selanjutnya Kluster Kabupaten Jayapura seperti gantole, paralayang, loncat indah, renang, renang artistik, polo air, hoki outdoor-indoor, baseball dan sotfball, senam aerobik, senam artistik, senam ritmik, muaythai, senam kolam, kempo, rugby 7’S, menembak, criket, sepak bola, dan panahan. (Get)