Berita Umum

Ada Yang Berbeda Dalam Pelayanan Publik SKIPM Merauke Tahun Ini

Ada yang berbeda dalam pelayanan publik Stasiun KIPM Merauke. Sudah dua minggu lebih Stasiun KIPM Merauke telah menyelenggarakan Pekan Pelayanan Publik yang dilaunching Sejak Rabu, 23 Juni 2021.

 

Berbagai inovasi kreatif telah dibuat dalam melayani pengguna jasa karantina ikan dalam penerbitan Sertifikat Kesehatan Ikan dan Produk Perikanan yang dikirim dari kabupaten Merauke.

 

"Ruang pelayanan didesain unik dan menarik dalam memberikan kenyamanan kepada para penerima layanan karantina ikan. Ada ruang laktasi, ruang bermain anak, area khusus untuk merokok, internet gratis dan lain-lain," ujar Kepala SKIPM Nikmatul Rochmah dalam rilisnya, Senin (12/07).

Lanjut katanya, selama sepekan pelayanan publik Stasiun KIPM Merauke juga menyediakan souvenir, snack dan minuman gratis kepada penerima layanan karantina ikan. Ada minuman jamu beras kencur, jahe, jus jeruk dan kue-kue tradisional berbagai nusantara seperti getuk, sagu sep, ongol-ongol, onde-onde yang setiap harinya selalu berganti menu.

 

Selama pekan pelayanan publik ini, Stasiun KIPM Merauke juga telah mensosialisasikan pentingnya jaminan Kesehatan ikan dan produk perikanan melalui penyebaran leaflet atau brosur-brosur kepada masyarakat.

 

Stasiun KIPM Merauke juga mengenalkan hasil inovasi mandiri kepada para penerima layanan karantina ikan berupa aplikasi Sistem Informasi Karantina Ikan Merauke yang disingkat dengan SiNamek. Aplikasi SiNamek dapat diunduh di http://merauke.bkipm.id. 

 

Melalui aplikasi ini para pelaku usaha perikanan yang akan mengirimkan produk perikanan ke luar daerah kabupaten Merauke dapat melaporkan melalui PPK Online. 

 

"Inovasi ini merupakan salah satu transformasi digital pelayanan yang dilakukan oleh Stasiun KIPM Merauke. Walaupun aplikasi kami masih terlihat sederhana, namun manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat terutama para pelaku usaha perikanan yang telah terdaftar di kami," imbuhnya.

 

Diharapkan, perubahan dan perbaikan terus-menerus ini akan memberikan manfaat kepada semua pihak demi kemajuan dan kenyamanan berusaha di kabupaten Merauke.

 

Dalam pekan layanan publik tahun 2021 ini, pihaknya juga memberikan reward kepada Pelaku Usaha Perikanan UD. Merauke Crab yang beralamat di Jalan Menara Perumahan Lampu Satu Indah. Dalam tahun 2021 ini UD. Merauke Crab berperan aktif dalam membantu perekonomian masyarakat. 

 

UD. Merauke Crab juga sukses melakukan ekspor produk perikanan berupa kepiting ke negara Hongkong dan Singapur hingga saat ini. Tentunya ini stimulus bagi yang lain untuk bisa bersaing. Selain itu, juga memberikan reward kepada petugas pelayanan terbaik yang dinilai langsung oleh para penerima layanan. 

 

"Kami juga memberikan reward kepada Tim AVSEC Bandara Mopah yang selalu bekerjasama sangat baik sekali dalam membantu pengawasan produk perikanan," tandas Rochmah.

 

Dalam Pekan Pelayanan Publik sekaligus Kepala Stasiun KIPM Merauke mengucapkan terima kasih kepada para pengguna layanan yang telah memberikan penilaian langsung kepada SKIPM. Hasil dari Indeks Kepuasan Masyarakat di Triwulan kedua tersebut pihaknya memperoleh nilai 87,04 yang berarti memiliki kinerja 'Baik.' (Get)