Berita Umum

Polres Merauke Prensentase TFG Pengamanan PON XX Papua di Merauke

Polres Merauke melakukan persentase Tactical Floor Game (TFG), untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas selama pelaksanaan PON XX Papua.

Persentase disaksikan Tim Asistensi dari SOps Mabes Polri, yang disampaikan Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji melalui Kabag Ops AKP Micha P. Toding, Kamis (12/08) di Lobby Utama Polres Merauke.

Dalam PON XX Papua ini, Kabupaten Merauke sebagai klaster penyelenggara 7 cabang olah raga (Cabor). Venue yang akan diamankan adalah Sirkuit Fregeb Gautak di Kebun Coklat Tanah Miring, yang nanti dipergunakan untuk dua cabor yakni Motor Rice dan Motor Cros. Venue Gor Hiad Sai untuk cabor Wushu dan Gulat. Sweesbell Hotel untuk cabor Catur, Arcelaus Sai untuk cabor Anggar dan Stadion Katapal untuk cabor penyisian sepak bola wanita.

“Personil yang akan dilibatkan sebanyak 625 orang, dibantu dari Brimob Nusantara, Sat Sabhara Polda Papua, pasukan TNI dan Polres Merauke serta instansi terkait,” ujar AKP Toding.

Selanjutnya, dilaksanakan gladi pengamanan dan pengaturan tim yang tiba, dan cara bertindak di lapangan bila terjadi kontijensi.

Kesempatan yang sama, Tim Sops Mabes Polri memberikan saran dan masukan serta penekanan agar selama kegiatan PON berjalan aman dan lancar. Terutama setiap yang terlibat diperketat prokes karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Fasilitas maupun tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dibutuhkan harus disiapkan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan. Dan selama pengamanan harus utamakan sikap profesional, proporsional data humanis.

"Kita aparat keamanan di Merauke sudah siap untuk mengamankan pelaksanaan PON XX 2021 di Merauke. Saya tekankan tidak ada aksi pemalangan fasilitas PON dan ini kita sudah koordinasikan dengan pihak LMA Merauke," ucap Kapolres Untung. (Get)