Berita Utama

Sejumlah Kegiatan Warnai Peringatan Hari Oeang Ke-75 di Merauke

Merauke - Dalam rangka Hari Oeang ke 75 tahun 2021, keluarga besar Kementrian Keuangan di Merauke, yaitu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Kantor Pajak Pratama (KPP), dan Kantor Pengawal dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Merauke memeriahkannya dengan mengadakan berbagai kegiatan.

 

Di antaranya, menyelenggarakan jalan santai, perlombaan karya tulis, dan senam bersama yang sudah dilaksanakan di Halaman Kantor KPPN dihadiri Wakil Bupati, H. Riduwan dan perwakilan CIQ dan stake holder setempat. Kegiatan masih berlanjut dengan upacara bersama yang akan dipusatkan di Kantor Bea Cukai Merauke pada Sabtu (30/10).

 

"Berbicara tentang hari Uang, kita tidak bisa lepaskan peran Kementerian Keuangan. Begitu juga dengan peringatan Hari Oeang di Kabupaten Merauke. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan dari Kementerian Keuangan yang ada di Kabupaten Merauke termasuk kegiatan kita pagi ini, senam bersama," ujar Wabup Merauke, Jumat (29/10).

 

Peringatan Hari Oeang tahun ini mengusung tema Pulihkan Ekonomi, Wujudkan Kemenkeu Satu yang Terpercaya Menuju Indonesia Unggul dan Tangguh. Maka implementasi dari tema tersebut perlu jalinan sinergitas yang kuat antara perwakilan Kementerian Keuangan yakni KPPN, KPP, KPPBCM bersama dengan seluruh kantor Pemerintah Daerah di wilayah kerja Kemenkeu di Merauke guna mengoptimalkan pembangunan di wilayah itu.

 

Terlebih diharapkan pula penyaluran dana desa lebih lancar pencairannya, kemudian laporan keuangan yang akuntabel dan transparan, penerimaan negara terutama dari pajak dan cukai maupun bea masuk dapat lebih optimal, juga pembinaan UMKM agar semakin banyak pengusaha ekspor dari Kabupaten Merauke.

Senam bersama peringatan Hari Oeang ke 75 di Merauke. Foto-Getty.

 

"Selamat Hari Oeang Republik Indonesia, bersama kita bisa wujudkan Indonesia pada umumnya dan Merauke pada khususnya untuk lebih maju dan unggul," ucap Rinduwan.

 

Kasub Bagian Umum sekaligus Plh Kepala KPPN Merauke, M. Taufiq Abdillah juga mengharapkan ke depan, ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 segera pulih dan pembayaran ke daerah lebih lancar. Terutama Dana Desa, BLT Covid dan perpajakan maupun ekspor bisa dioptimalkan.

 

Taufiq menyebut, KPPN Merauke menangani 93 satuan kerja, rata-rata dana yang sudah terserap sudah mencapai 75 persen. Besar harapannya, di akhir Desember 2021 ini seluruh dana bisa terserap secara optimal. Sementara di pajak, dikatakan progresnya sudah tinggal 15-20 persen untuk mencapai target. Sedangkan untuk Bea Cukai, masih terus digenjot untuk menciptakan pengusaha-pengusaha ekspor. 

 

"Perbandingan dengan tahun sebelumnya, pencapaian target tahun ini realisasinya jauh lebih tinggi. Hanya saja kondisi saat ini masih dalam pengaruh Pandemi Covid-19 maka tetap mempengaruhi target realisasi," beber Taufiq.(Get)