Berita Utama

Lanud DMA Merauke Gencar Laksanakan Vaksin Mobile

Merauke - Petugas Kesehatan Lanud J.A. Dimara gencar melakukan vaksin mobile untuk melayani vaksinasi kepada masyarakat di Kota Merauke.

Hasil capaian vaksin mobile yang dilakukan Lanud J.A Dimara sejak 24 Februari 2022 sudah mencapai 850 yang tervaksni. Capaian terbanyak adalah vaksin booster hingga mencapai 70 persen.

"Kita membantu pemerintah daerah mempercepat pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat," ujar Kakes Lanud J.A Dimanara, Kapten Kes Dwi Brahmady, Kamis (17/3/2022) di SMA 2 Merauke.

Untuk vaksin booster, pihaknya menggunakan jenis Moderna, dari sebelumnya dosis 1 dan 2 menggunakan jenis Sinovac. Dikatakan, vaksinator Lanud J.A Dimara selalu standby untuk membantu pelaksanaan vaksin, hanya saja selalu terkendala ketersediaan stok.

"Kadang kita terkendala dengan stok vaksin yang kita pakai. Kadang stok habis, sedangkan permintaan masih banyak, akhirnya kita pinjam pakai dari rekan-rekan yang lain," bebernya.

Ia berharap, ketika vaksin mudah didapat dipastikan akan lebih lancar lagi pelaksanaan vaksinasinya dan lebih banyak pula orang yang tervaksin.

Pelaksanaan vaksinasi di SMA 2 Merauke. 

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevile Muskita mengatakan, permintaan vaksin untuk Merauke disesuaikan jumlah data kebutuhan berapa banyak yang akan divaksin.

"Kita tidak ingin ketika kita minta kebanyakan, kemudian tidak terpakai karena expire. Ini yang harus kita perhitungan dengan baik. Kalau mereka bisa menetapkan sasaran tiap hari mereka akan vaksin berapa banyak, informasikan ke kita sehingga kita minta sesuai kebutuhan ke provinsi," terang dr. Nevile.

Di lain sisi, ketersediaan vaksin di provinsi juga terbatas dengan masa berlaku yang tidak lama. Antisipasinya, harus memastikan kejelasan sasarannya sebab banyak juga permintaan dari daerah Papua lainnya.

"Misalkan kita minta vaksinnya misalnya 1000 dosis, sementara ekspairnya akhir Maret ini, bisakah jumlah tersebut terpakai sebelum akhir Maret," ucap Nevile di ruang kerjanya.

Berdasarkan data terkini, jumlah warga tervaksin di Merauke yaitu 93 persen untuk dosis 1, dosis 2 capai 70 persen dan booster baru 5 pesen.(Get)