Berita Utama

Stasiun KIPM Merauke Adakan Kegiatan Training Pengujian Organoleptik

Merauke - Stasiun KIPM Merauke telah membuka kegiatan In House Training Pengujian Organoleptik, yang dibuka oleh Kepala Stasiun KIPM Merauke bapak Slamet Andriyanto, S.Si., M.Si, Selasa (7/6)2022).

Stasiun KIPM menghadirkan narasumber ahli dalam bidang penguji organoleptik dari Balai KIPM Jakarta II, Ronald N, S.Si., M.Si. Penilaian organoleptik adalah cara pengujian menggunakan indera manusia sebagai alat utama untuk menilai mutu produk perikanan, meliputi spesifikasi mutu kenampakan, bau, rasa dan tekstur.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk melakukan penyegaran atau refreshment dan melakukan perawatan panelis standar personil laboratorium Stasiun KIPM Merauke dalam melaksanakan tugasnya sebagai analis dalam menilai mutu ikan yang akan dikirim keluar kabupaten Merauke," ujar Kepala Stasiun SKIPM.

Lanjut dikatakan, ikan-ikan yang tujuannya untuk dikonsumsi manusia tentu harus lolos uji minimal dari uji organoleptik, sehingga ikan-ikan yang dikirim aman dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, personil laboratorium Stasiun Karantiana Ikan perlu dilakukan perawatan melalui pelatihan untuk distandarkan kemampuannya, bersinergi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Merauke; Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Merauke, UPTD Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) kabupaten Merauke; Loka POM Merauke, Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara, Universitas Musamus, Politeknik Yasanto; bahkan dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Peternakan dan Perikanan Bovendigul. 

Training pengujian organoleptik di Stasiun KIPM Merauke.

"Puji Tuhan, ada perwakilan ditugaskan menjadi pioner-pioner yang akan menjadi mitra kami dalam melakukan pengawasan dan pengendalian mutu dan keamanan produk perikanan di Kabupaten Merauke dan sekitarnya.

Ini adalah salah satu langkah Stasiun KIPM Merauke sebagai bagian dari Quality Assurance dalam mendukung Akselerasi Mutu Produk Perikanan sehingga produk perikanan yang dilalulintaskan keluar dari kabupaten Merauke memiliki mutu yang sesuai dengan standar keamanan pangan," sambungnya.

Stasiun KIPM Merauke juga mengundang tiga unit pengolahan ikan yaitu PT. Perindo, PT. Mitra Timur Rayatama, dan CV. Bintang Fahri Internasional untuk ikut dalam kegiatan pelatihan mengingat uji organoleptik sangat berguna pada saat perusahaan melakukan seleksi penerimaan bahan baku, sehingga produk perikanan yang dihasilkan pun sesuai dengan harapan perusahaan.

In House Training Pengujian Organoleptik dilaksanakan dari tanggal 7-10 Juni 2022. Diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan untuk organisasi dan seluruh mitra kerja Stasiun Karantina Ikan Merauke.(Get)