Berita Utama

Pasca PON XX Papua, Fasilitas Kelengkapan Cabor Belum Dimanfaatkan

Merauke - Semua fasilitas kelengkapan lima cabang olahraga (Cabor) yang diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021, kini masih diamankan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merauke di ruang penyimpanan Stadion Katalpal Merauke. 

Seperti diketahui Klaster Merauke diberi kepercayaan menyelenggarakan lima Cabor yakni, bola kaki putri, wushu, anggar, gulat dan bermotor. Hingga kini, semua fasilitas eks PON belum ada kejelasan akan diserahkan ke Pemkab Merauke dari Pemrov Papua atau PB PON Papua. 

"Kita sudah amankan di Katalpal dan dilakukan penjagaan oleh petugas kami dan petugas Satpol PP. Kondisinya masih baik tidak ada kerusakan," terang Donatus Pangamoye, selalu Sekertaris Plt. Kaisdpora Merauke, Rabu (13/7/2022). 

Dikatakan usai PON, belum ada petunjuk lebih lanjut akan pemanfaatannya fasilitas tersebut. Sehingga Dispora berharap segera diserahkan ke daerah supaya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bakat generasi muda Merauke agar tidak mubazir atau rusak karena tidak dipakai. 

Pemakaian hanya akan dilakukan usai fasilitas dan venue yang ada diserahkan ke daerah. Apalagi Merauke dikenal dengan gudang atlet, maka sudah selayaknya setiap fasilitas maupun sarana prasarana eks PON dapat difungsikan dengan baik dan bermanfaat terhadap pengembangan bakat olahraga yang potensinya sangat besar di Merauke.(Get)