Berita Utama

Bandara Mopah Merauke Harus Setara Provinsi

Merauke - Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengutarakan keinginannya dan masyarakat untuk pengembangan Bandara Mopah Merauke harus setara provinsi. Mengingat saat ini wilayah selatan sudah menjadi Provinsi Papua Selatan (PPS). 

Terkait Bandara, Menteri Perhubungan RI sudah memberikan respon untuk pengadaan dua garbarata di Bandara Mopah Merauke, sehingga penumpang yang tiba maupun yang berangkat baik naik maupun turun dari pesawat dapat melewati garbarata. 

Begitu pula dengan fasilitas pendukung lainnya seperti apron atau taxiway bandara juga menjadi perhatian serius agar pesawat dapat landing tidak lagi melalui runway. 

"Saya sudah sampaikan dan Pak Menteri sudah sangat setuju. Juga tentang kondisi pelabuhan laut Merauke dan terminal penumpang. Mudah-mudahan dengan adanya provinsi kita akan didorong untuk pembangunannya," ucap Romanus Mbaraka di VIP Room Bandara Mopah Merauke, Rabu (16/11/2022) sekembalinya dari Jakarta. 

Bupati Merauke juga bertemu dengan Menteri Desa dan Transmigrasi RI. Ada rencana dibantu untuk pembangunan jalan pedesaan dari Kemendes untuk PPS. Komunikasi berlanjut dengan Kemendagri untuk membantu sarana dan prasarana PPS. Misalnya desain awal untuk kantor gubernur, kelembagaan provinsi maupun tata ruang yang harus ditata berdasarkan fungsi bangunan.(Get)