Berita Utama

Kristo Kaize Berhasil Sabet Emas di Lempar Lembing Kejurnas Atletik U-16 di Yogyakarta

Merauke - Dengan menyabet satu medali emas pada Kejurnas Atletik U-16 tahun 2024 di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kristo Kaize mampu mengharumkan nama Papua Selatan dari Kabupaten Merauke untuk lempar lembing.

Kristo berhasil meraih kejuaraan dalam lempar lembing 35 meter yang dipusatkan di Stadion Mandala Krida Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, (20/7/2024) dalam Kejurnas Atletik U-16 dan U-18 yang berlangsung 20-24 Juli 2024. Dalam ivent ini, Pemerintah Kabupaten Merauke melalui Dispora Kabupaten Merauke mengirimkan 5 atlet yakni Steven Erer Mahuze dari SMA Negeri 1 Kuri, Kampung Ivimahad untuk Lompat Jauh, Kristo Kaize dari SMA Negeri 1 Kurik, Kampung Ivimahad untuk Lempar Lembing, Erlince Wale Kaize, SMP Negeri 1 Muting, Kampung Muting untuk Lempar Lembing, Ruvina Rosita Mahuze dari SMA YPK Merauke, Kampung Wayau untuk Lempar Cakram dan Kresensia Mobok Ndiken dari SMA Negeri 1 Kurik, Kampung Ivimahad untuk Tolak peluru.

"Sementara kita baru hari pertama tadi langsung lomba dan dari putra U-16 adik Kristo Kaize sudah dapat satu emas dari cabang olahraga Lempar Lembing. Nanti sore lagi bertanding dari putri dan lainnya," terang Kadispora Kabupaten Merauke, Mike Walinaulik usai penyerahan medali.

Kristo Kaize (tengah) peraih medali emas untuk Lempar Lembing Kejurnas Atletik U-16 di Yogyakarta tahun 2024.

Dikatakan, keberhasilan yang sudah didapat merupakan wujud terimakasih atas dianggarkannya dana Otsus dari Pemkab Merauke ke Dispora yang diperuntukkan untuk olahraga daerah kawasan yakni Okaba, Kurik, Semangga, Tanah Miring, Jagebob, Muting, Elikobel dan Ulilin. Dari kawasan tersebut, Dispora Merauke lanjutkan ke tingkat kabupaten dan berhasil menjaring 5 atlet terbaik ikut Kejurnas Atletik U-16 dan U-18 tahun 2024 di DIY.

Mike menargetkan akan memperoleh 2 atau tiga emas dalam Kejurnas Atletik yang diikuti anak-anak Malind asli di DIY. Dengan memberikan hasil yang maksimal, maka mereka akan dilirik pusat untuk Asean Youth Games dan Asian Junior Championship 2025.(Get)