Berita Utama

Diskominfo Merauke Gelar Bimtek Data Statistik Sektoral

Merauke - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Merauke menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Data Statistik Sektoral terhadap seluruh SKPD di Kabupaten Merauke, Rabu (23/11/2022) di Halogen Hotel. 

Bimtek terkait data statistik sektoral ini penting dilakukan guna meningkatkan kualitas pengelolaan data serta meningkatkan kualitas pengelolaan data dan pengetahuan serta wawasan SDM yang handal dan potensial. 

"Data statistik sektoral yang berkualitas dapat memberikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah untuk pengelolaan data yang akurat dan sebagai dasar perencanaan pembangunan yang berkesinambungan," ujar Asisten 2 Setda Kabupaten Merauke, Yeremias Ndiken saat menghadiri pembukaan kegiatan dimaksud. 

Peserta SKPD dan stakeholder diharapkan berkomitmen dalam mendukung pengelolaan data yang berkualitas dan dapat menghasilkan analisis kebijakan pembangunan yang aktual, bermutu dan akuntabel. 

Sehingga dapat dijadikan satu perencanaan pembangunan yang terstruktur dan komprehensif. Diharapkan pula seluruh data dapat diperbaharui sesuai perkembangan yang terus berjalan agar dapat menunjang terwujudnya visualisasi dan validasi data statistik sektoral yang optimal serta terintegrasi dari pusat sampai daerah

Ketua Panitia Bimtek, Kadis Kominfo Thomas Kimko diwakili Kabid Persandian dan Statistik Rein Rudy Pongantung mengatakan para peserta diberikan materi terkait pengolahan metadata dan satu data serta peran wali data. Melibatkan narasumber dari instansi teknis Badan Pusat Statistik (BPS), Bappeda dan Litbang serta Diskominfo Merauke.(Get)