Berita Utama

Cara Karantina Ikan yang Baik Disosialisasikan

Merauke - Stasiun KIPM Merauke kembali menyelenggarakan sosialisasi penerapan Instalasi Karantina Ikan (IKI) dan Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) kepada pelaku usaha perikanan khususnya pengepul ikan Arwana. 

Pada bulan-bulan ini hingga beberapa bulan ke depan, anakan ikan arwana mulai ditangkap oleh masyarakat sesuai dengan aturan penangkapan yaitu mulai dari bulan November, Desember, Januari dan Februari setiap tahunnya. 

"Oleh karena itu, para pengepul arwana perlu refreshment kembali agar anakan ikan arwana yang akan dikirim benar-benar sehat dari penyakit ikan karantina," tutur Slamet Andriyanto, Kepala Stasiun KIPM Merauke, Senin (5/12/2022).

Penerapan CKIB dilakukan melalui kegiatan pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit ikan karantina/hama dan penyakit ikan tertentu (HPIK/HPI Tertentu) dari hulu hingga hilir dengan memperhatikan penerapan biosekuriti dan traceability. Seluruh kegiatan yang dilakukan di IKI wajib tercatat, terukur dan dapat tertelusur dengan berpedoman pada Dokumen Mutu CKIB yang ditetapkan. 

Dengan demikian diharapkan setiap IKI dapat memproduksi ikan yang sehat, bebas penyakit, berkualitas melalui manajemen pencegahan dan pengendalian penyakit ikan secara terintegrasi. Dalam proses pengiriman anakan ikan arwana ke luar daerah, dan pelaku usaha perikanan yang telah menjalankan system CKIB ini dijanjikan waktu pelayanan sertifikat lebih cepat, kurang lebih 2 jam. 

"Proses pelayanan menjadi lebih mudah. Berbeda dengan yang tidak memiliki sertifikat CKIB, memerlukan waktu 4-5 hari menunggu hasil uji dari laboratorium dan dinyatakan bebas dari penyakit ikan karantina."

Di akhir tahun 2022 sejak November kemarin hingga di awal Desember sudah dilakukan pengiriman anakan ikan arwana sebanyak 11 kali keluar daerah dengan jumlah 13.984 ekor. Umumnya ikan-ikan ini dikirim ke kota Bekasi-Jawa Barat. Tentunya anakan ikan arwana ini sudah dijamin kesehatannya melalui program CKIB sehingga tidak menimbulkan masalah penyakit di area tujuan.

Dari sosialisasi tersebut diharapkan akan memberikan manfaat untuk para pelaku usaha perikanan di kota Merauke.(Get)