Berita Utama

Pemkab Merauke Canangkan Pekan QRIS Nasional dan Pembukaan Pasar Malam

Merauke - Pemkab Merauke mencanangkan Pekan QRIS Nasional, Senin (12/8/2024) sekaligus pembukaan pasar malam di seputar Lingkaran Brawijaya (Libra) Kota Merauke.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke, Majinur mengatakan pencanangan dihadiri seluruh OPD, perwakilan masyarakat, mahasiswa, TNI, Polri, BUMN, dan organisasi kemasyarakatan pada momen senam sehat bersama dalam rangka HUT ke 79 Kemerdekaan RI Tahun 2024. Tujuannya, agar dari semua kalangan yang hadir itu mulai menerapkan pembayaran dengan menggunakan QRIS atau menggunakan pembayaran uang elektronik kepada pedagang atau UMKM yang ada di Merauke ketika berbelanja.

"Pekan QRIS ini tentunya didominasi oleh kegiatan yang berkaitan dengan pembayaran yang bersinergi dengan perbankan. Dan semua UKM ini kita arahkan untuk siapkan rekening dan harus punya QRIS," terang Majinur usai senam sehat.

Panitia HUT juga menyiapkan kuis untuk mendapatkan voucher yang dapat ditukarkan dengan barang yang hendak dibeli selama pasar malam yang akan berlangsung selama satu pekan ke depan.

"QRIS di Merauke sudah berjalan dari sebelumnya dan menandakan Merauke ini sudah cukup maju karena Merauke melalui Bapenda ditunjuk sebagai Sekretariat Tim Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD)," pungkas Majinur.

TP2DD adalah Forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait untuk mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan.(Get)