Berita Utama

Bapaslon Geburnur-Wagub Papua Selatan Apolo dan Paskalis Mendaftar ke KPU Papua Selatan

Merauke - Hari kedua masa pendaftaran, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa mendatangi KPU Papua Selatan, Rabu (28/8/2024) siang. 

Keduanya diantar simpatisan dan pendukung serta parati pengusung berjalan dari Taman Mandala selepas deklarasi di hadapan ribuan masyarakat. Keduanya disambut dengan penyerahan cinderamata dari Sekretaris KPU Papua Selatan, Jimmy Winarta.

Sebagai sambutan pembuka, Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze mengatakan, masa pendaftaran berlangsung tiga hari yaitu 27-29 Agustus. Tepat di hari kedua sudah terdapat dua Bapaslon yang mendaftar yakni Darius Gebze - Petrus Safan dan Apolo Safanpo - Paskalis Imadawa yang akan berkontestasi pada Pilkada 2024. Sementara hari pertama tidak ada kandidat yang mendaftar. 

Seperti biasa Bapaslon serahkan syarat pencalonan dan dokumen syarat calon. Yang dipastikan adalah syarat pencalonan harus benar dan lengkap dan syarat calon harus lengkap. Ketika saat penelitian ada salah satu darai keduanya belum lengkap maka dikembalikan sepanjang masih dalam masa pendaftaran yakni berakhir 29 Agustus. 

Selain itu, ada dokumen yang harus dipenuhi yakni terkait dengan keaslian orang asli Papua (OAP) yaitu dokumen surat pernyataan keaslian selanjutnya KPU serahkan ke MRP untuk diverifikasi. 

Usai penelitian dokumen apabila benar dan lengkap maka KPU berikan tanda terima dan surat pengantar untuk bakal pasangan calon mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Merauke.

Bakal Calon Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo dalam sambutannya mengatakan, pihaknya datang dengan membawa dokumen yang disyaratkan untuk diserahkan ke KPU Papua Selatan. Dilanjutkan pengecekan dokumen oleh kPU, Bawaslu dan LO Bapaslon.

Hasil pemeriksaan KPU terhadap dokumen pasangan ini dinyatakan lengkap, benar dan diberikan tanda terima. Keduanya akan lanjut ke tahapan berikut yakni pemeriksaa kesehatan di RSUD Merauke.(Get)