Berita Utama

Bamuskam Berperan Penting Tangani Persoalan di Kampung

Merauke - Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) punya peran dalam mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian seorang kepala kampung hingga menangani dan meminimalisir semua persoalan di kampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Merauke, Daud Holenger menuturkan, ketika terjadi persoalan di kampung, masyarakat bisa melapor ke Bamuskam. Apa lagi menyangkut indikasi penyalahgunaan keuangan yang belum tentu kebenarannya, perlu kehati-hatian. 

"Kalau menyangkut kerugian negara ada tahapan dan mekanisme. Jangan sampai langsung ke KPK. Kalau betul terjadi tidak masalah tapi kalau tidak, berarti menimbulkan keresahan di kampung," ucap Daud Holenger, Selasa (17/1/2023). 

Kampung memiliki peraturan sendiri yang disepakati bersama bahwa ketika ada warga kampung yang suka menimbulkan keresahan wajib diberi sanki sosial oleh Bamuskam setempat, bila perlu diusir dari kampung.

Kembali ditegaskan, setiap orang punya peran menjaga ketenangan dan kedamaian di daerah tempat tinggalnya, baik di kampung maupun di kota. Jangan suka menghakimi sesama dengan berbagai tuduhan yang belum diketahui kepastiannya.(Get)