Berita Utama

Kunjungan PON, Ini Pesan Gubernur Sumut Untuk Papua

Merauke, - Gubernur Sumatera Utara, Letnan Jendela (Purn) Edy Rahmayadi, mengunjungi daerah penyelenggara PON Papua Klaster Merauke, guna melihat atlet Sumut yang mengikuti olahraga gulat dan catur. Seperti diketahui kedua cabor ini paling terakhir dilaksanakan.

 

Selain itu, sebagai mantan Danrem 174/ATW Merauke pada 2012 lalu, pria nomor satu Sumut ini merasa Merauke sebagai kampung sendiri sehingga harus didatangi untuk melihat kemajuan daerah tersebut. 

 

"Saya mau lihat atlet saya yang bertanding di gulat dan catur, sekaligus mengunjungi kampung saya karna pernah dinas di sini. Saya berharap 2024 bisa menjadi provinsi Papua Selatan," ungkap Edy Rahmayadi di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Rabu (13/10).

 

Lanjut ia menyebut tidak mengira kalau Sumut berada di posisi 14 perolehan medali emas PON Papua. Berada di luar dari 10 besar ini dirinya merasa penting untuk melakukan evaluasi dengan pihak KONI Sumut, Dispora, dan pihak terkait di wilayah yang dipimpinnya. 

 

"Saya tidak mengira juga, Sumut perolehannya sangat buruk. Ini cambuk bagi Sumut dan kami akan perbaiki agar bisa masuk di lima besar di PON XXI tahun 2024 nanti," tegas Edy.

 

Selain digelar di Sumut, PON XXI juga akan digelar di Aceh, namun untuk Provinsi Sumut sendiri harus punya persiapan yang lebih baik dari Papua. Dan Sumut harus bisa masuk lima besar pada PON mendatang.

 

Edy Rahmayadi mengakui prestasi Papua bisa masuk posisi lima besar sebagai tuan rumah. Namun ia mengingatkan, bahwa boleh berbangga tetapi jangan sampai lengah dan tidak mempersiapkan lagi untuk PON XXI.

 

"Saya berharap Papua dengan masuk di ranking lima ini, pertahankan di 2024. Jangan lengah agar tidak terjadi penurunan," imbuhnya.

 

Lebih dari itu, ia menginginkan pembangunan Papua dan rakyatnya lebih didorong dari semua sektor. Menurutnya, olahraga memotivasi kesejahteraan rakyat. Terutama dukungan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Sebab, kemajuan daerah didukung oleh kesehatan dan kecerdasan SDMnya.

 

"Ini yang harus kita tempuh untuk Indonesia ini. Pendidikan, kesehatan harus ditingkatkan. Saya yakin dan percaya Provinsi Papua akan membesarkan Papua dengan pembangunan yang baik," ujarnya.

 

Kesan Edy Rahmayadi terhadap PON di Merauke, baginya infra struktur yang harus ditinggakatkan, akomodasi, kondisi atlet harus prima dan semua kegiatan yang dilakukan lebih optimal dan berjalan maksimal. Baginya, kesiapan venue, akomodasi dan pelayanan menggambarkan pembangunan suatu daerah. 

 

Ia berjanji, jika wilayah selatan Papua sudah sukses menjadi Provinsi Papua Selatan, maka bisa dilakukan kerjasama untuk memanfaatkan potensi daerah melalui system barter dengan potensi yang ada di Sumut.(Get)