Berita Utama

Base Ops Baru Lanud DMA Jadi Tempat Upacara Peringati HUT ke 79 TNI

Merauke - Base Ops Baru Lanud JA Dimara dijadikan tempat upacara peringati HUT ke 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024 di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Sabtu, (5/10/2024). 

HUT ke 79 TNI tahun ini dipimpin Komandan Korem (Danrem) 174/ATW Brigjen TNI Andy Setyawan dihadiri Danlanud JA Dimara, Dan lantamal XI, Kapolres Merauke, Pj Gubernur Papua Selatan, para prajurit tiga angkatan yakni TNI AD, TNI AU dan TNI AL serta tamu undangan. 

Tema HUT tahun ini adalah 'TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju'. Panglima TNI H. Agus Subiyanto, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danrem 174/ATW Brigjen TNI Andy Setyawan mengatakan, tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan Nasional dan ketahanan Negara dalam mewujudkan Indonesia maju.

Perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan. Perkembangan situasi ini harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu.

Para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi. Apabila hal ini dapat terlaksana pasti akan menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional yang akan menjadi suatu keniscayaan.

Upacara peringati HUT ke 79 TNI tahun 2024 di Base Ops Baru Lanud JA Dimara Merauke. 

Sekecil apapun sikap dan tindakan yang kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. 

Oleh karenanya, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya. 

"Pada momentum ini saya juga ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesi," ucap Danrem membacakan sambutan tersebut. 

Selain itu, TNI juga diharapkan perkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat. Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan. Bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi maupun komponen bangsa, guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib dan lancar.

Kemudian, laksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau merugikan rakyat "Karena tugas kita semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara," tuturnya.(Get)