Berita Utama

Komisi V dan IX DPR RI Kunjungan Kerja ke Papua Selatan

Merauke - Komisi V DPR RI dipimpin Wakil Ketua Komisi V selaku Ketua Tim, Robert Rouw beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan, Jumat (17/2/2023). 

Kehadiran pihaknya untuk melihat langsung kebutuhan daerah dalam pembangunan bidang infrastruktur sekaligus membicarakan anggaran 2024. Kunker tersebut, pihaknya mendatangi Pelabuhan Laut Merauke dan Pelabuhan Kelapa Lima didampingi Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Wakil Bupati Merauke dan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Papua. 

"Provinsi baru butuh dukungan politik anggaran dari DPR RI, maka kami hadir di sini untuk bisa mendengar. Hasil pantauan, serta usul dan saran akan ditindaklanjuti ke pusat," ujar Robert setibanya VIP Room di Bandara Mopah Merauke. 

Kunjungan Komisi V DPR RI di Pelabuhan Laut Merauke.

Di hari yang sama, Provinsi Papua Selatan juga mendapat kunjungan Komisi IX DPR RI yang membidangi Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan dalam rangka reses persidangan lll tahun 2022-2023.

Komisi IX dan mitra kerja ingin melihat berbagai program di bidang kesehatan, dan tenaga kerja di Papua Selatan yang dikemas melalui diskusi di Swiss-belhotel Merauke bersama Pemprov didampingi Pj Gubernur PPS, Apolo Safanpo dan Pemkab empat kabupaten setempat. Dikatakan persoalan kesehatan di Selatan betul-betul dicermati dan didukung dengan melakukan pemetaan lapangan serta dukungan tenaga kesehatan, sarana prasarana, maupun obat-obatan. 

Pertemuan Tim Kunker Komisi IX DPR RI bersama Pemrov Papua Selatan di Swiss-belhotel Merauke.

"Sementara untuk aspek tenaga kerja pasti ke depan daerah ini akan berkembang luar biasa, tentu akan membutuhkan banyak sektor tenaga kerja yang mensuport perkembangan provinsi," ucap Waket Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena usai diskusi. 

Selain itu, angka stunting yang cukup tinggi di Selatan perlu penanganan serius semua pihak. Butuh kerja keras, salah satunya asupan gizi bagi remaja putri sebelum menikah, ibu hamil dan bayi yang baru lahir hingga menjadi remaja. Juga penerapan pola hidup bersih dan sehat untuk menghindari penyakit malaria, gagal ginjal yang lagi trend, HIV dan Aids serta berbagai penyakit lainnya.(Get)