Berita Utama

PT. Kreatif Hebat Sentosa Bantu Jaringan Internet Starlink untuk Seleksi CPNS Papua Selatan

Merauke - PT. Kreatif Hebat Sentosa (PT. KHS) memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa jaringan internet Starlink untuk program pelaksanaan seleksi CPNS Papua Selatan tahun 2024.

Direktur Utama PT. Kreatif Hebat Sentosa, Deden Yazip Prasasti mengatakan, bantuan yang diberikan perusahan ini bertujuan membantu mengatasi maslah jaringan internet di wilayah 3 T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) atau di wilayah blank spot. 

"Untuk wilayah Timur kita baru masuk bekerjasama dengan Mendagri maupun dengan Kominfo di daerah tersebut untuk memperlancar pelaksanaan tes CPNS yang akan dilaksanakan 16 Oktober 2024," terang Direktur Utama PT. Kreatif Hebat Sentosa, Deden Yazip Prasasti, Selasa, (15/10/2024) via sambungan telepon. 

Bantuan yang sama juga disalurkan ke Kalimantan selain Merauke, Papua Selatan. Berdasarkan hasil analisa sebagai penyedia jasa layanan internet berbasis teknologi tinggi bahwa untuk di wilayah 3T saat ini perangkat atau infrastruktur yang ada belum bisa memenuhi standar kecepatan dan ketersediaan signal, sehingga PT. Kreatif Hebat Sentosa sebagai perusahaan swasta berupaya melalui program CSR membantu daerah yang masih kesulitan internet. 

"Bantuan yang kita berikan ini punya kecepatan internet 300 Mbps selama tes CPNS. Kita juga bersedia ketika dibutuhkan negara dengan kecepatan yang tinggi, kita juga bisa hadir membantu kepada rekan-rekan kita yang belum terlayani dengan baik oleh provider lain," kata Deden. 

PT. Kreatif Hebat Sentosa selalu siap untuk melayani daerah 3T berkaitan dengan ketahanan negara dan masalah sistem pelayanan berbasis elektronik (SPBE). 

Direktur Utama PT KHS, Deden Yazip Prasasti. 

"Dengan adanya bantuan CSR yang kita turunkan, masyarakat yang berada di wilayah 3T bisa terbantu untuk akses internet yang bisa didapat seperti di kota-kota besar," pungkasnya. 

Anggaran yang diplotkan perusahaan yang bergerak di bidang Provider Teknologi Canggih di Indonesia dan sebagai perusahaan autoris Indonesia dari Starlink (Space X) ini senilai Rp 50.000.000.

Kabid Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Papua Selatan, Nugroho Asrianto mengatakan, untuk mendapatkan bantuan tersebut, pihaknya melakukan komunikasi ke Mendagri melalui Dirjen Otda. Hasilnya disampaikan ada program CSR dari beberapa perusahaan yang ada di Jakarta, salah satunya ada PT. Kreatif Hebat Sentosa yang setelah dilakukan komunikasi bersedia memberikan support jaringan internet selama tes CPNS 2024 di Merauke.

"Dari usulan saya itu, kita sudah melakukan zoom meeting dan ditanggapi dengan baik sehingga dari PT KHS mengirim 2 unit Starlink dan satu orang teknisi baru tiba hari ini," kata Nugroho Asrianto.

Dua unit Starlink itu akan ditempatkan di Lab komputer Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Papua Selatan di Jalan Brawijaya dan di SMA Negeri 1 Merauke. Dua lab tersebut masing-masing 100 unit komputer.

"Rencananya besok kita melakukan survei untuk lokasi penempatan alatnya. Sambil melengkapi kekurangan peralatan untuk pelaksanaan ujiannya di tanggal 16 besok. Namun tanggal 16 itu untuk jadwal nasionalnya, sementara untuk Papua Selatan sendiri rencananya tanggal 28 Oktober," sambung Nugroho.

Sebelumnya, lanjut Nugroho, untuk di lab komputer Jalan Brawijaya sudah ada jaringan internet melalui fiber optik namun dibackup lagi dengan Starlink lewat jalur satelit untuk antisipasi gangguan di darat. Begitu juga dengan di lab komputer SMA Negeri 1 dibackup dengan satelit. Ini sangat membantu proses tes penerimaan CPNS, urainya.

Dengan demikian, menurutnya kesiapan Internet sudah aman hanya penambahan alat untuk manajemen bandwidth dalam rangka menstabilkan penggunaannya.

"Untuk finishing kita tinggal instalasi pemasangan router mikrotik untuk manajemen bandwidth yang kita masih tunggu alatnya dari Jakarta." 

Pelamar diingatkan persiapkan diri dengan belajar karena dalam ujian nanti harus benar-benar mengerti penggunaan komputer, sebab pada saat selesai ujian, nilainya langsung keluar.

Baca Juga: Tiga Unsur Diundang Bawaslu Papua Selatan Hadiri Media Gathering Untuk Mengawal Pilkada

"Sebaiknya harus sering-sering gunakan komputer karena ujian KAT itukan ujian online yang begitu selesai waktunya otomatis tertutup dan nilainya langsung keluar," pungkas Nugroho.(Get)