Berita Utama

Kurangnya Penerangan Jalan Picu Laka Lantas di Tanah Miring

Merauke - Kasat Lantas Polres Merauke, AKP Novindriani, SIK menyebut minimnya penerangan jalan jadi pemicu kecelakaan lalu lintas di daerah Tanah Miring, Merauke, Papua Selatan. 

Kasus kecelakaan kerap terjadi di waktu malam di wilayah tersebut selama momen Idul Fitri tahun 2023 ini. Kecelakaan terbanyak dialami oleh kendaraan roda dua. 

"Untuk wilayah Tanah Miring dipicu kurangnya penerangan jalan. Sementara di kota lebih pada kecepatan tinggi dan tidak saling mengalah," ucap Novi, Rabu (26/4/2023). 

Pelanggaran lain adalah kebanyakan tidak memakai helm, sehingga jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka laka lantas Lebaran tahun ini lebih meningkat meski baru kurang lebih delapan hari operasi Ketupat berjalan, belum terhitung 6 hari sisa pelaksanaan operasi Ketupat. 

Faktor lain yang juga menyumbang kecelakaan adalah kondisi jalan rusak dan kurang hati-hati dari pengemudi. Untuk itu, Kasat Lantas imbau masyarakat lebih hati-hati, patuhi aturan di jalan terutama tidak kebut saat berkendara dan diharapkan segera terpasang lampu jalan untuk menerangi pengendara yang melintasi daerah Tanah Miring pada malam hari.(Get)