Berita Utama

Pemprov Papua Selatan Patenkan 107 Orang Berangkat PON Sumut-Aceh

Merauke - Pemerintah Provinsi Papua Selatan susah memastikan 107 orang yang berangkat ke PON Sumut-Aceh 2024, dengan atlet 30 orang. 

Wakil Ketua Umum KONI Papua Selatan, Soleman Jambormias mengatakan, untuk anggaran menuju PON telah disiapkan senilai 14,5 Miliar terbagi 4,8 Miliar untuk TC semua cabang olahraga (Cabor).

"Kita punya tim sudah mulai berangkat karena sebagian Cabor sudah mulai dipertandingkan, sampai tanggal 9 pembukaan bertepatan dengan Haornas," ujar Soleman di Merauke, Minggu (2/9/2024).

Papua Selatan menargetkan 4 sampai 5 medali emas yang bisa dibawa pulang. Dan secara resmi, Selasa (3/9/2024) akan dilakukan pelepasan kontingen di Halogen Merauke.

Sementara kesiapan atlet dikatakan sudah mantap. Bagi atlet peraih emas akan dihadiahi uang senilai Rp 100 juta dari Pj Gubernur Papua Selatan. 

Selain PON, Papua Selatan akan ikuti ivent nasional peparnas atau pekan paralimpiade nasional khusus kaum disabilitas bulan Oktober di Solo. Para atlet sudah persiapan untuk TC hingga 25 diberangkatkan ke Solo. Kemudian, dilanjutkan lagi Popnas atau pekan olahraga pelajar nasional yang juga diselenggarakan di Solo.(Get)