Berita Utama

39 Tim Berpartisipsi Dalam Turnament Bola Voli Gubernur CUP-1

Merauke - Open turnamen bola voli Gubernur Cup-1 Provinsi Papua Selatan (PPS) tahun 2023 diikuti 39 tim bola voli dari empat kabupaten di PPS. 

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka menggemakan gaung Provinsi Papua Selatan sebagai salah satu provinsi baru serta sebagai sarana pembinaan pengembangan bidang olahraga secara khusus cabang olahraga voli. 

"Sebanyak 27 tim putra dan 12 tim putri yang berasal dari Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel untuk memperebutkan total hadiah senilai 165 juta terdiri dari uang pembinaan, tropi, medali emas dan medali perunggu," ucap Ketua Panitia Kristoforus Toprip di Halaman GOR Head Sai Merauke, Kamis (25/5/2023) sore. 

Penganggarannya berasal dari anggaran belanja DPA Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PPS tahun 2023.

Penyerahan bola dalam open turnamen bola voli Gubernur Cup-1 
di Halaman GOR Head Sai Merauke, PPS

Pj Gubernur PPS, Apolo Safanpo menyampaikan apresiasi kerjasama yang baik sehingga open turnamen disiapkan dengan baik. PJ Gubernur PPS mengatakan, provinsi Papua Selatan perlu mempersiapkan atlet-atlet yang akan mengikuti PON di Aceh dan Sumatra Utara tahun 2024.

Sehingga ada tiga ivent besar yang diselenggarakan sebelum PON yakni open turnamen setiap Cabor, dilanjutkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang diikuti empat kabupaten dalam cakupan wilayah PPS. Namun sebelum itu, setiap kabupaten akan melaksanakan pekan olahraga kabupaten sebelum mengikuti Porprov.

Setiap cabang olahraga yang dijuarai di masing-masing kabupaten akan diutus mewakili kabupaten dalam Porprov nanti. Selanjutnya peserta Cabor yang mendapatkan prestasi di tingkat provinsi akan diutus mewakili Provinsi Papua Selatan menuju Kejuaraan Nasional. 

Kegiatan Porprov akan diselanggarakan pada bulan Oktober mendatang sekaligus merayakan hari ulang tahun pertama Provinsi Papua Selatan. 

"Oleh karen itu kepada para atlet kami mengucapkan selamat bertanding. Junjung tinggi sportifitas, saling menghormati antara sesama pemain, menghormati perangkat pertandingan dan berikan yang terbaik, tunjukan kemampuan, bakat dan talenta yang dimiliki untuk meraih prestasi. Siapapun yang juara pada turnamen ini akan kita utus ke kejuaraan tingkat nasional."(Get)