Berita Utama

Bupati Merauke Datangi Warga Wanam Pasca Musibah Kebakaran Rumah

Merauke - Bupati Merauke Romanus Mbaraka bersama rombongan Forkopimda melakukan kunjungan ke Distrik Ilwayab Kabupaten Merauke pasca kejadian kebakaran rumah warga Minggu (25/6/2023). 

Tindakannya lebih pada melihat kondisi lapangan terhadap 80 KK yang mengalami musibah kebakaran itu. Upaya pertama adalah memastikan stok bahan makanan, memastikan obat-obatan dan tenaga kesehatan serta tempat pengungsian yang aman. 

"Kita kunjungan ke Wanam untuk melihat kurang lebih 80 KK yang mengalami musibah kebakaran rumah. Kita sudah koordinasi dengan Bulog dan PT Pos untuk segera dorong kapal hari ini ke Wanam membawa beras yang ada. Tapi untuk tindakan cepat tadi tiga ton beras menggunakan speed boat menuju ke sana," ujar Romanus, Senin (26/6/2023) di Halaman Kantor Bupati setempat. 

Dinas terkait dilibatkan untuk ikut membantu masyarakat, seperti dokumen kependudukan Disdukcapil, dokumen pendidikan Dinas Pendidikan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membuat berita acara untuk dilaporkan ke gubernur Provinsi Papua Selatan dan diteruskan ke pusat guna mendapatkan bantuan. 

Pantauan Bupati Merauke di lokasi kebakaran di Wanam.

"Kita harus lihat langsung di lapangan supaya bisa kita ambil kesimpulan apa yang harus disiapkan bagi keluarga terkena bencana," sambung Romanus. 

Dikatakan, berulangnya kejadian kebakaran di Wanam karena bangunan rumah yang berdempetan tidak mengatur jarak. Sehingga saat kebakaran terjadi, api dengan cepat melahap bangunan lainnya.(Get)