Berita Utama

Bupati Merauke Turkam ke Tiga Distrik

Merauke - Bupati Merauke Romanus Mbaraka melakukan Kunjungan Kerja Turun Kampung selama 2 (dua) hari dari tanggal 6 - 7 Juni 2023, didampingi Sekretaris Daerah Yeremias Paulus Ndiken beserta pejabat dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambangi 3 Distrik yakni Muting, Ulilin dan Eligobel. 

Hari pertama, Bupati mengunjungi dan berdialog dengan masyarakat di Distrik Eligobel di Kampung Bupul Indah. Ratusan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan Turkam Bupati selama kurang lebih 3 (tiga) jam, yang dihadiri pula oleh para Kepala Kampung di Distrik Eligobel.

Sebelum masuk pada agenda kunjunga, Romanus Mbaraka memperkenalkan Sekretaris Daerah yang baru dilantik yang merupakan anak asli Marind kepada masyarakat.

Setelah menyambangi Distrik Eligobel, Bupati dan Rombongan bertolak ke Distrik Muting untuk melakukan dialog bersama masyarakat di kampung-kampung yang mayoritas adalah orang Marind.

Selanjutnya, Bupati beserta rombongan menuju ke lokasi terakhir di Distrik Ulilin.

Dalam kurun waktu 2 (dua) hari agenda Bupati di 3 (tiga) Distrik tersebut, ada berbagai persoalan yang disampaikan masyarakat antara lain, jalan rusak, kegiatan belajar mengajar dan masalah kesehatan yang tersendat karena tidak ada tenaga guru mauoun tenaga kesehatan di lapangan. Berikut terkait rehabilitasi tempat ibadah, dan penyalahgunaan Dana Desa dan masalah lainnya.

Berbagai persoalan tersebut dijawab oleh Bupati dengan baik dan beberapa permintaan masyarakat seperti mesin babat rumput dan transportasi kesehatan berupa 1 (satu) unit kendaraan Jenazah langsung diserahkan ke masyarakat di Distrik Muting oleh perwakilan dari RSUD Merauke.

Salah satu masyarakat yang diwawancarai menyambut baik dan sangat berterima kasih kepada Bupati Merauke sebab dengan diadakannya kegiatan Turkam pimpinan daerah langsung berinteraksi dan menjawab persoalan masyarakat.

"Kami sangat senang sekali, di Ulilin ini kami masyarakat sangat bangga dengan pak Romanus,"ujar Linus Kabajay, masyarakat Kampung Baedup.

Sementara itu, Bupati Merauke menjelaskan dalam dialog bersama di 3 Distrik tersebut, masyarakat menyampaikan bebrapa kebutuhan praktis dan sebagian bisa langsung ditindaklanjuti.

"Pada dasarnya, dalam Turkam, masyarakat menyampaikan kebutuhan-kebutuhan praktis yang seharusnya Pemda perhatikan, seperti permintaan mobil agar bisa mengantarkan Jenazah, akhirnya kita sudah jawab dan berikan mobil. lalu beberapa ruas jalan yang berkaitan langsung dengan transportasi primer," ujar Romanus.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sudah banyak kegiatan telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Merauke di Distrik Ulilin, Muting dan Eligobel "Pada dasarnya respon masyarakat cukup baik, karena juga banyak kegiatan yang kita lakukan di Muting, Ulilin dan Eligobel. Itu diakui oleh masyarakat sendiri. Saya ucapkan terima kasih untuk partisipasi kita semua, TNI/Polri ternyata Merauke ini terus tumbuh menjadi daerah maju dan kita harapkan rakyat juga terus tumbuh menjadi rakyat sejahtera, pendapatan perkapitanya mencukupi untuk belanja keluarga," tutup Romanus dalam sesi wawancara.