Berita Utama

Api Obor Menghangatkan Pembukaan Pelaksanaan Porprov Papua Selatan

Merauke - Secara resmi pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan ke 1 tahun 2023 ditandai dengan penyalaan Api Obor dan diantarkan dari Universitas Musamus ke Stadion Katalpal Merauke, Rabu (1/11/2023) sore. 

Sebelum api obor tiba di arena Katalpal, para peserta dari empat wilayah yaitu kabupaten Mappi, Asmat, Boven Digoel, dan Merauke melakukan deilve sambil membawa bendera bergerak dari luar memasuki arena Katalpal. Ketua Panitia Porprov ke 1 tahun 2023, Soleman Jambormias mengatakan Porprov pertama Papua Selatan ini menjadi sebuah peristiwa penting bagi masyarakat Selatan, sebab acara ini tidak hanya memberikan wadah untuk kompetisi olahraga tetapi menjadi sarana bagi pengembangan bakat dan semangat persatuan bagi masyarakat Papua Selatan. 

"Porprov bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan olahraga, mencari dan mengembangkan minat dan bakat bagi masyarakat dalam dunia olahraga, meningkatkan rasa persatuan dan kerjasama antara masyarakat, dan memperkuat infrastruktur olahraga di wilayah Papua Selatan," ucap Soleman dalam laporannya. 

Porprov diselenggarakan dalam rentan waktu 2 minggu, mulai 1 sampai 9 November 2023. "Walau demikian karena jadwal transportasi dll, sehingga ada beberapa cabang olahraga yang sudah duluan dipertandingkan dan sedang berlangsung hingga pembukaan resmi ini," lanjut Soleman. 

Empat kabupaten telah dan akan berlomba-lomba untuk memperebutkan emas pada 12 Cabor yakni Silat, Karate, taekwondo, bulutangkis, basket, bola voli, futsal, catur, tenis meja, atletik, biliar, dan sepak bola yang diselenggarakan pada delapan venue olahraga yang berada di kota Merauke.

Penyalaan api obor ke tungku obor Porprov ke 1 Papua Selatan oleh Sekda PPS Drs. Madaremmeng.

Porprov perdana ini melibatkan 822 atlet dan 103 official dengan pembiayaan Porprov berasal dari Dana Hibah KONI PPS sebesar Rp 3 miliar. 

Pj Gubernur PPS sekaligus Ketua Umum KONI PPS Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo yang diwakili Pj Sekda PPS, Drs. Madaremmeng menyampaikan Porprov adalah suatu program multi event yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan dan menjaring atlet berbakat di tanah Anim Ha dalam berbagai Cabor yang nantinya dapat menjadi wakil-wakil provinsi Papua Selatan dalam mengikuti event olahraga di tingkat nasional dan dapat mewakili Indonesia untuk tingkat internasional. 

"Pelaksanaan Porprov ini punya makna besar bagi provinsi Papua Selatan karena Porprov ini adalah panggung persatuan, panggung persaudaraan dan panggung kesetaraan dan keadilan untuk maju bersama dalam bingkai NKRI," ucap Madaremmeng. 

Hal ini, dikatakan sesuai dan sejalan dengan slogan pada lambang Provinsi Papua Selatan yakni Majulah Negeriku. "Saya merasa bangga berdiri di tempat ini karena saya yakin di tempat ini kelak akan muncul atlet-atlet yang mengharumkan nama Papua Selatan dan Indonesia dengan prestasi yang membanggakan."

Sekda PPS kesempatan yang sama mengajak semua yang terlibat dalam even dua tahunan ini mengedepankan sportivitas dan menjaga keamanan dan kelancaran selama pelaksanaan. Ia juga mengapresiasi KONI PPS, KONI kabupaten, seluruh atlet dan official, panitia serta masyarakat yang sudah mengambil peran mensukseskan Porprov. Usai pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan bola kaki antara Merauke dan Boven Digoel. Namun, sebelum pertandingan dimulai, dilakukan kick-off bola kaki oleh Sekda PPS, Wakil Bupati Merauke H. Ridwan, Wakil Bupati Boven Digoel, Lexi Rome, Waket Ketua Umum KONI PPS, Soleman Jambormias dan Waket Harian 3 KONI, Jefrry Papare.

Suasana Stadion Katalpal menjadi sangat ramai karena dihibur oleh artis Mitha Talahatu, penyanyi lokal dan berbagai tarian dan disaksikan tamu undangan dan ribuan penonton.(Get)