Berita Utama

Di Usia Ke 75 Tahun, Uskup Mandagi Berkeinginan Memperbanyak Sahabat

Merauke - Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 75 tahun ini, Uskup Keuskupan Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC mengungkapkan keinginan hatinya untuk terus memperbanyak sahabat. 

"Dengan usia saya yang ke 75 tahun, saya akan terus mencari sahabat karena selama saya masih hidup saya akan memperbanyak sahabat di manapun berada tanpa mengenal latar belakang seseorang," ucap Uskup Mandagi di Sekretariat Keuskupan Agung Merauke Merauke, Sabtu (27/4/2024). 

Dihadapan pejabat, tamu undangan dan umat yang hadir dalam suasana gembira itu, Uskup Mandagi mengutarakan kalau sesungguhnya di usianya saat ini harusnya sudah pensiun dari jabatan uskup, namun menjadi kewenangan dan keputusan Paus di Roma sehingga tugas tetap dijalankan meski uskup sendiri sudah mempersiapkan diri untuk pensiun. 

Selain itu, Petrus Canisius Mandagi mengaku sangat bahagia dengan kehadiran dan dukungan semua pihak yang ikut merayakan HUT-nya yang tidak muda lagi. Dukungan tersebut membuatnya bangga dan menjadi satu kehormatan baginya. 

Persiapan tiup lilin ulang tahun Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC dan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir karena dengan kehadiran dari semua membuat saya bangga dan ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa. Sampai saat ini saya juga sangat bersyukur atas umur 75 tahun yang diberikan Tuhan kepada saya," ungkap Uskup asli Manado itu. 

Rupanya ulang tahun kelahiran Uskup berdekatan dengan ulang tahun Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo beberapa hari lalu, sehingga dalam puncak perayaan HUT disatukan dengan perayaan ulang tahun Bapak Uskup Mandagi, ditandai dengan pemotongan kue ulang tahu dan dibagikan kepada perwakilan tamu undangan maupun pejabat Forkopimda. 

"Atas nama pribadi, Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan masyarakat Papua Selatan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Uskup Agung Merauke semoga diberikan kesehatan agar terus dapat membimbing kami sebagai umat," ucap Pj Gubernur Papua Selatan. 

"Tuhan telah mempercayakan amanat kepada orang tua kita sebagai pembimbing dalam mengarahkan kita kepada jalan yang benar dengan demikian kita sebagai anak - anak harus turut membantu dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan kepada kita. Saya juga berpesan kepada umat Gereja untuk tidak jauh dari lingkungan Gereja, karena dari Gereja kita dapat memaknai kata mengasihi dan bersyukur kepada Tuhan," kata Apolo Safanpo.

Tidak ketinggalan, Bupati Merauke Romanus Mbaraka dalam sambutannya menyampaikan harapannya agak Bapak Uskup Mandagi dan Pj Gubernur Apolo diberikan kesehatan dan panjang umur serta mengajak semua pihak mendukung tugas dan tanggung jawab keduanya sehingga dapat berjalan baik untuk umat, gereja, untuk masyarakat dan kemajuan pembangunan di Papua Selatan.(Get)