Berita Utama

Pembagian Hadiah Mengakhiri Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Papua Selatan 2024

Merauke - Pekan Olahraga Pelajar (POP) SMA/SMK se-Provinsi Papua Selatan tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) diakhiri dengan pembagian hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan kepada peserta. 

Mozes Maniagasi selaku Ketua Panitia Pekan Olahraga Pelajar SMA/SMK Papua Selatan 2024 mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan telah berjalan baik, aman dan lancar sejak 22 April sampai 1 Mei dan kepada peserta berprestasi dari delapan cabang olahraga (Cabor) yang diperlombakan telah dicatat tim talent scouting untuk mengikuti TC menghadapi pra Popnas. 

"Siswa yang meraih juara terbaik akan ikuti Pra Popnas ke Ternate atau Gorontalo," ucap Mozes dalam laporan panitia yang disampaikannya pada penutup POP di GOR Hiad Sai Merauke, Kamis (2/5/2024). 

Penutupan POP SMA/SMK Papua Selatan 2024 di Gor Hiad Sai Merauke. 

POP 2024 ini diikuti 344 pelajar dari Kabupaten Merauke, Asmat 42, Mappi 22 dan Boven Digoel 142 orang. Cabor sepak bola telah perebutkan 10 emas, 25 perak dan 25 perunggu. Bola voli putra 15 emas, 15 perak dan 15 perunggu. Voli Putri 15 emas, 15 perak dan 15 perunggu. Basket putra 15 emas, 15 perak dan 15 perunggu, basket putri 15 emas, 15 perak dan 15 perunggu. Sepak takraw 8 emas, 8 perak dan 16 perunggu. Silat 11 emas, 11 perak dan 22 perunggu. Tinju 10 emas, 10 perak dan 13 perunggu, untuk eksebisi 4 emas dan 2 perak. Tenis lapangan putra 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Tenis lapangan putri 1 emas, 1 Perak dan 2 perunggu. Bulu tangkis putra 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu, serta bulu tangkis putri 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. 

Ketua Bapopsi Provinsi Papua Selatan Soleman Jambormias kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo atas dukungan anggaran yang diberikan senilai 1,5 milyar kepada Bapopsi Papua Selatan dalam menjaring atlet-atlet muda. 

Penyerahan hadiah berupa uang pembinaan kepada perwakilan peserta POP 2024.

"Dengan POP ini seluruh kabupaten bertanggungjawab mewakili Papua Selatan ke tingkat yang lebih tinggi. Komitmen kita punya atlet sendiri bukan ambil dari luar," pungkasnya. 

POP juga menjalin kebersamaan dan kerjasama sebagai orang Papua Selatan, selanjutnya kegiatan ini akan keliling di empat kabupaten cakupan wilayah Papua selatan. 

Asisten 1 Setda Papua Selatan Agustinus Joko Guritno mewakili Pj Gubernur Apolo Safanpo mengucapkan terimakasih kepada Dispora dan Dinas pendidikan empat kabupaten yang berperan aktif dalam POP pertama di tanah Papua. POP diharapkan menghasilkan atlet muda dari kalangan sekolah yang dipersiapkan menjadi atlet handal di masing-masing Cabor. 

"Anak-anak menjadi sehat kuat dan cerdas. Untuk itu anak-anak harus diikutsertakan dalam setiap iven karena dengan olahraga kita akan menjadi sehat dan kalau menjadi sehat menjadi pintar dan cerdas yang kemudian selanjutnya menjadi kader pemimpin dan atlet di level yang lebih tinggi. Tahun depan harus lebih ditingkatkan prestasi dari yang didapat tahun ini, namun tetap rajin belajar," pesan Joko Guritno. 

Tahun 2025 pelaksanaan POP akan dipusatkan di Kabupaten Asmat, sehingga dalam penutupan POP 2024 dilakukan penyerahan bendera pataka dari Pemprov melalui Asisten 1 kepada kontingen Kabupaten Asmat sebagai kabupaten penyelenggara pop 2025 dilanjutkan pembacaan nama atlet terpilih dalam TC Pra Popnas.(Get)