Berita Utama

KPU Papua Selatan Akan Monitoring Sekretariat PPD dan PPS di Empat Kabupaten Cakupan

Merauke - Ketua KPU Provinsi Papua Selatan, Theresia Mahuze mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan turun ke empat kabupaten wilayah cakupan untuk melihat pembentukan Sekretariat bagi Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan suara (PPS).

Pembentukan Sekretariat PPD dan PPS di Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat diharapkan sudah dilakukan mengingat sekretariat yang akan memfasilitasi terkait kegiatan dan anggaran selama Pilkada 2024.

"Jadi selain kita turun untuk memonitor pelaksanaan pencoklitan yang dilakukan petugas Pantarlih kita juga melihat apakah Sekretariat PPD dan PPS sudah ada atau belum," ujar Ketua KPU Papua Selatan, Jumat (28/6/2024) via sambungan telpon WhatsApp.

Dikatakan, sekretariat PPD diusulkan ke bupati untuk dikeluarkan SK, sedangkan sekretariat PPS pengusulannya ke kampung. Theresia berharap masing-masing PPD dan PPS suah pengadaan sekretariat sebab honor-honor kegiatan akan dibayarkan mulai bulan Juli 2024 dan selama masa kerja untuk Pilkada tahun ini. 

Ia juga mengimbau agar masyarakat mendukung pelaksanaan petugas Pantarlih yang melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di rumah-rumah dengan menyiapkan KTP elektronik.(Get)