Berita Umum

Mempersiapkan Generasi Cerdas, PT Bio Inti Agrindo Teken MoU Bersama Pemda Merauke

PT. Bio Inti Agrindo (BIA) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Merauke, melakukan penandatanganan nota kesepakatan untuk bersama-sama mencerdaskan anak bangsa di Merauke.

 

Penandatanganan nota kesepakatan telah dilakukan antara kedua pihak pada Selasa 27 April 2021 di Swissbell Hotel Merauke. Presiden Direktur PT. BIA Kong Byoung Sun, Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka M.T, dan Kadis P dan K, Thiasony Betaubun yang melakukan penandatanganan tersebut. Disaksikan oleh Kepala Dinas DPMPTSP Ir. Justina Sianturi, Bagian Umum, Bagian Protokoler Setda dan juga tim dari PT. BIA.

 

"Penandatangan nota kesepakatan bersama ini adalah bentuk kerjasama antara pihak swasta dengan pemerintah daerah, dalam membangun kapasitas manusia dan mencerdaskan bangsa melalui bidang pendidikan," ungkap Presiden PT. BIA dalam rilisnya, Kamis (29/04).

 

Disebutkan, PT. BIA sebagai pihak swasta, punya tugas membangun infrastruktur, fasilitas pendukung sekolah dan segala yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di jenjang TK, SD dan SMP di Distrik Ulilin, yang diperuntukan bagi masyarakat kampung sekitar perusahan dan anak karyawan perusahaan. 

Untuk selanjutnya, pemerintah berperan dalam menyediakan tenaga pengajar di sekolah tersebut. Secara keseluruhan sekolah yang dikerjasamakan terdiri dari tiga TK, tiga SD dan dua SMP. Bukan hanya itu, sejak 2014 PT. BIA secara continue memberikan beasiswa bagi anak asli Papua yang berprestasi, bahkan hingga jenjang Universitas.

 

General Manager PT. BIA, Yanto Dawenan menuturkan, keberadaan sekolah ini sangat membantu masyarakat lokal, mengingat sebelumnya jarak antar rumah ke sekolah sangat jauh. Dengan kerja sama yang berkelanjutan di bidang pendidikan, diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan generasi di masa yang akan datang melalui persiapan SDM yang baik sejak dini. 

 

Lebih lanjut kata Yanto, kegiatan ini bukan hanya bagian dari kontribusi sosial terhadap masyarakat, namun lebih ke Corporate Citizenship agar perusahaan dan masyarakat dapat maju berdampingan. 

 

Sejauh pengamatan media ini, PT. BIA adalah salah satu perusahaan besar di Selatan Papua yang punya kepedulian terhadap masyarakat sekitar dan patuh menjalankan setiap aturan yang sudah ditetapkan. Setiap MoU yang sudah disepakati dengan para pihak pasti dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.