Berita Utama

Elisa Kambu: Pemda Asmat Dukung Penuh PON XX Papua 2021

Merauke, - Mewakili masyarakat Kabupaten Asmat, Bupati Asmat, Elisa Kambu menyampaikan Pemkab Asmat memberikan dukungan penuh untuk PON XX Papua 2021 Klaster Merauke. 

 

Bupati Asmat mengatakan, perjalanan 76 tahun kemerdekaan RI, Provinsi Papua baru dipercayakan sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan PON XX Papua.

 

"Ini sesuatu yang luar biasa, pergumulan, doa dan perjuangan yang panjang, akhirnya terlaksana di tahun 2021," ujar Elisa dalam Konferensi Pers di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Sabtu (02/10).

Konferensi Pers bersama Bupati Asmat, Elisa Kambu. Foto-Getty. 

 

Lanjut Elisa menuturkan bahwa kehadirannya untuk mengikuti pembukaan PON XX di Merauke yang dibuka Presiden RI di Jayapura adalah bentuk dukungan moral kepada pemerintah provinsi dan kabupaten penyelenggara PON.

 

"Tujuan kami ada di sini adalah untuk menghadapi pembukaan PON XX yang dipusatkan di Jayapura. Sebagai anak-anak satu kawasan kami memilih hadir di Merauke. Kita harapkan PON Klaster Merauke bertarung dalam suasana penuh persahabatan, persaudaraan dalam situasi aman, damai dan sukses," ungkap Elisa.

 

Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk memastikan bawa di wilayah Papua Selatan tidak ada hal yang dapat mengganggu kelancaran selama kegiatan PON. Sebagaimana diketahui wilayah Selatan Papua merupakan daerah majemuk dan rakyatnya hidup rukun.

 

"Karena kita sudah dari dulu bersatu membangun Indonesia Mini di Selatan Papua. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Asmat khususnya daerah Alim Ha, mari kita sama-sama dukung penuh dan menjaga daerah kita tetap aman supaya semua orang yang datang menikmati damai," sambung Elisa.

 

Bahkan Bupati Asmat berjanji untuk memberikan reward kepada atlet Asmat yang ikut bertarung di perhelatan PON XX ini. Bagi atlet peraih medali emas, Elisa berjanji akan diberikan uang senilai RP 100.000.000, perak Rp 50.000,000 dan perunggu menilai Rp 25.000.000.

 

"Kalau dapat medali kita akan berikan bonus. Kalau Pak gubernur 1 miliar untuk peraih emas, kami sesuai kemampuan. Bonus itu tidak ada nilainya tapi nama besar yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua. Sebagai Bupati Asmat kita bangga, rakyat Asmat pasti bangga, maka kebanggaan kita itu kita sekedar memberikan support bagi generasi Papua selanjutnya."

 

Kembali ia mengajak masyarakat Selatan Papua bergadengan tangan, bahu-membahu menyatukan hati untuk mensukseskan PON XX.

 

Lanjut katanya, sebagai orang Papua, sebagai orang Amin Ha akan sangat bangga jika punya atlet yang mengharumkan nama Papua di pentas nasional.  

 

"Dengan olahraga mampu mengangkat harkat dan martabat OAP secara pribadi maupun secara umum, terutama akses terbuka bagi yang bersangkutan".

 

Elisa berharap kepedulian Pemerintah Papua dengan memberikan bonus kepada atlet berprestasi bertujuan sebagai motivasi untuk terus berjuang sampai tingkat yang lebih besar seperti Sea Games dan Olimpiade. (Get)